Kemah Bakti Masyarakat, Tanam Pohon hingga Garap Sanitasi

Kemah Bhakti Masyarakat di Slukatan
BHAKTI. Rangkaian kemah bakti masyarakat Kwarcab Gerakan Pramuka Wonosobo di Desa Slukatan, kecamatan Mojotengah.

WONOSOBO – Sebanyak 201 anggota pramuka melakukan aksi bakti masyarakat di Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Selasa (17/9). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Perkemahan Wirakarya Cabang V yang diselenggarakan Minggu mulai (15/9) hingga Jumat (20/9) mendatang di kawasan Desa Slukatan.

Waka Organisasi dan Hukum Kwarcab Wonosobo, One Andang mengatakan, kegiatan bakti masyarakat tersebut merupakan implementasi dari dasa dharma yang sesungguhnya. Sehingga, membuktikan bahwa pramuka memang berguna bagi masyarakat.

“Dengan kegiatan  bakti masyarakat ini memang untuk menggembleng mereka masuk menjadi anggota pramuka ini betul-betul berguna bagi masyarakat,” tuturnya kemarin (17/9).

Andang menyebut ada kegiatan fisik dan non fisik yang wajib diikuti oleh seluruh peserta Perkemahan Wirakarya. Di antaranya adalah pembangunan sanitasi dan jambanisasi, serta agenda motivasi. Selain itu beragam kegiatan lain yang diselenggarakan yaitu posyandu lansia, pembuatan kompos, vertical garden, penanaman pohon hingga pembuatan sarana mencuci tangan.

Sementrara itu, Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti menyebut kegiatan tersebut selain diikuti 201 anggota pramuka yang berasal dari 10 SMA/SMK/MA, juga diikuti oleh Pramuka Peduli Kwarcab Wonosobo.

Menurut Sri, tujuan diselenggarakan Perkemahan Wirakarya tersebut adalah agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan anggota pramuka. Selain juga mendekatkan pramuka dengan masyarakat. Berbagai kegiatan di bidang kesehatan dan pembangunan yang diselenggarakan diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat, khususnya di Slukatan.

“Kegiatan ini untuk membuktikan bahwa pramuka hadir untuk mengabdi kepada masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan Perkemahan Wirakarya, warga pramuka dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, dan bergotong royong dengan masyarakat,” katanya. (win)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here