Sampah di Jalan Parakan-Wonosobo Menggunung

sampah.
MENUMPUK. Sampah organik dan anorganik menumpuk di pinggir jalan raya Parakan-Wonosobo.

TEMANGGUNG – Tumpukan sampah di pinggir jalan raya Parakan-Wonosobo di sekitaran Kelurahan Caturanom Kecamatan Parakan semakin menggunung.

Dari pantauan koran ini di lokasi tersebut, semakin hari tumpukan sampah semakin banyak. Setiap hari ada saja warga yang membuang sampah. Padahal tempat tersebut bukan sebagai tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Banyaknya sampah di lokasi tersebut selain membuat pemandangan tidak nyaman juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Apalagi saat musim penghujan datang, air dari tumpukan sampah tersebut mengalir ke Kali Galeh dan sebagian mengali ke jalan raya.

“Kalau sekarang memang bau yang ditimbulkan dari tumpukan sampah itu belum begitu terasa, tapi saat musim hujan tiba baunya sangat tidak enak,” tutur Anton salah satu warga sekitar.

Beruntung katanya, lokasi tersebut tidak bersingungan langsung dengan pemukiman warga. Namun demikian keberadaan sampah tersebut tetap saja menganggu.

“Warga memang tidak terkena dampak langsung dari sampah itu, karena kebetulan lokasinya sangat jauh dari pemukiman,” tuturnya.

Senada juga dituturkan Bambang warga lainnya. Menurutnya, keberadaan sampah itu sudah ada sejak dua tahun terakhir ini. Dan setiap hari ada saja yang membuang sampah, padahal sebelumnya tidak ada warga yang berani membuang sampah.

“Kalau dulu bukan untuk sampah, tapi sekarang dijadikan tempat untuk membuang sampah,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti siapa yang membuang sampah di lokasi tersebut, sebab lokasi tersebut berada di jalan raya, sehingga siapapun bisa saja membuang sampah dilokasi itu.

“Tidak tahu persis, tapi yang jelas saat ini sudah semakin banyak sampah disitu,” tuturnya.

Ia berharap, tidak ada lagi warga yang dengan sengaja membuang sampah dilokasi itu, sebab lokasi itu bukan merupakan tempat pembuangan sampah. Selian itu dirinya berharap ada pihak yang peduli terhadap keberadaan sampah tersebut.

Ia mengaku sangat tidak setuju dengan warga yang sengaja membuang sampah di lokasi tersebut. Namun demikian dirinya mengaku tidak punya wewenang untuk melarang warga membuang sampah dilokasi tersebut.

“Pernah sekali saya melihat orang yang sedang membuang sampah di lokasi itu, saya coba untuk mengingatkan tapi tidka dihiraukan sama sekali,” ujarnya.

Ia berharap ada tindakan dari yang berwenang dalam menangani masalah sampah, sehingga tempat tersebut bisa bersih dari sampah dan tidak algi digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

“Semoga saja ada yang terketuk, sehingga masalah sampah di lokasi itu bisa teratasi,” harapnya. (set)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here