Puskesmas Magelang Utara Berikan Laksanakan Program Bias

imunisasi
BIAS. Babinsa Potrobangsan membantu pelaksanaan pemberian imunisasi yang dilakukan Puskesmas Magelang Utara, Senin (12/8) di SD Potrobangsan 2 dan 3.

MAGELANG UTARA-Puskesmas Magelang Utara lakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di dua sekolah, Senin (12/8). Sebanyak 55 siswa kelas I dari SD Potrobangsan 2 dan Potrobangsan 3 dilakukan imunisasi campak.

Tim Kesehatan dari Puskesmas Magelang Utara yang dipimpin oleh dr Gasani melibatkan beberapa personel dibagi dalam beberapa kelompok antara lain Tim UKS, tim Bias dan tim penyuluh.

Pelaksanaan Bias dan penyuluhan yang digelar di SDN Potrobangsan 2 dan SDN Potrobangsan 3 tersebut bertujuan untuk mencegak penyakit campak dan pemeriksaan penjaringan yang dilaksanakan secara berkala dan rutin tiap satu tahun sekali.

Untuk memperlancar kegiatan Bias, pihak puskesmas melibatkan Babinsa Potrobangsan, Serka Murtam yang ikut membantu pelaksanaan Bias. Ia mengatakan bahwa memang perlu diberikannya imunisasi terhadap siswa sebagai upaya untuk mencegah berjangkitnya penyakit campak.

“Kami sangat mendukung program BIAS, ini karena bisa mencegah penyakit campak,” ujar Sertu Murtam.

Sementara dr Gasani menjelaskan pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

“Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah,”jelasnya.

Program Bias untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. “Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat,”tambahnya. (hen)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here