112 Prajurit TNI Dites Urine

112 Prajurit TNI Dites Urine
112 Prajurit TNI Dites Urine

PURWOREJO – Kodim 0708 Purworejo menggelar sosialisasi pencegahan pemberantasan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dan tes urine di Aula Jendral Sudirman, Senin (12/09). Kegiatan tersebut menggandeng tim medis dari DKT Purworejo dengan diikuti 112 prajurit dari perwakilan Staf Kodim dan Koramil.

Penyuluhan dan sosialisasi ini sebagai nara sumber Dr Mashita Yuswini Azzariyah, menjelaskan tentang narkotoika, psikotropika dan zat adiktif lain yang apabila masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh, terutama otak yang mengubah perilaku menjadi tidak normal.

“Narkotika zat yang menimbulkan penurunan dan perubahan kesadaran sedangkan psikotropika berpengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan aktifitas mental dan perilaku,” ungkapnya.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim SH Si mengungkapkan kegiatan sosialisasi P4GN ini dilaksanakan dengan maksud untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di jajaran Kodim 0708 Purworejo baik pengguna maupun pengedar.

“Sosialisasi P4GN sebagai program satuan dalam setiap triwulan yang harus dilaksanakan untuk meminimalisasi pelanggaran bagi setiap prajurit dan merupakan kategori sangsi berat bagi setiap prajurit,” jelas Dandim.

Dandim menuturkan Sosisialisasi P4GN bukan kegiatan rutinitas biasa, namun ada kepedulian dari pimpinan atas karena saat ini narkoba bisa muncul dan hadir dalam bentuk apa saja yang bisa merusak sendi-sendi kehidupan bangsa.

“Setiap anggota Kodim harus bisa menjaga diri dan keluarganya dari bahaya narkoba, dan bagi anggota yang melanggar menggunakan ataupun mengedarkan akan mendapat sangsi pemecatan,” imbuh Dandim.

Sementara itu Perwira Seksi Intelejen (Pasi Intel) Kapten Infanteri M Tavin S, menuturkan kegitan ini merupakan program yang harus dilaksanakan diikuti oleh 112 perwakilan personil Kodim 0708 Purworejo untuk mengikuti sosialisasi dan dilanjutkan dengan tes urine secara acak kepada 72 anggota.

“Selama pengecekan secara bertahap mulai dari triwulan I, II dan sekarang triwulan III anggota Kodim dinyatakan negatif menggunakan narkoba, dengan hasil tersebut Anggota Kodim 0708 Purworejo selama 3 triwulan bebas narkoba,” pungkasnya. (luk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here