PDIP Raih Kursi Terbanyak di DPRD

KPU Temanggung
RAPAT PLENO. KPU Temanggung melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penetapan calon legislatif terpilih di aula KPU setempat, 

TEMANGGUNG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan kursi terbanyak yakni 9 dari 45 kursi yang diperebutkan pada Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) bulan April 2019 lalu.

Selain itu partai berlambang banteng moncong putih ini juga meraih suara terbanyak yakni sebanyak 92.939 dari 494,235 suara sah.

Data tersebut disampaikan Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung M Yusuf Hasyim, usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Temanggung dalam Pemilu 2019 di aula KPU Temanggung, Sabtu (10/8).

Setelah PDIP, kemudian disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan suara sebanyak 81,576, dan di urutan ketiga yakni Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 64,186 suara. Sedangkan paling bontot yakni PKPI dengan suara yang ada sebanyak 247.

“PDIP mendapatkan 9 kursi, PKB 7 kursi, Partai Golkar 6 kursi, sedangkan PKPI sama sekali tidak mendapatkan kursi,” terangnya.

Dari 45 kursi tersebut, selain tiga partai dimaksud, Partai Gerindra mendapatkan 5 kursi, PAN 5 kursi, PPP 5 kursi, PKS 3 kursi, Partai Nasdem 2 kursi, Partai Hanura 2 kursi, dan Partai Demokrat 1.

Dengan perolehan suara dan kursi, empat partai yakni PDIP, PKB, GOLKAR dan Gerindra yang memperoleh 51,094 suara. Akan menduduki kursi pimpinan dan wakil pimpinan di DPRD Temanggung.

Lanjut Yusuf,  calon wakil rakyat yang akan duduk di kursi DPRD didominasi wajah lama. Sebayak 29 orang calon anggota DPRD Kabupaten Temanggung merupakan wajah lama dan 16 orang merupakan wajah baru.

“Sudah kita tetapkan dan sudah ditandatangani berita acara dari semua saksi parpol serta disaksikan dari Bawaslu,” katanya.

Ia menuturkan dengan penetapan ini, tahapan di KPU sudah selesai, kemudian KPU koordinasi dengan Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung untuk mempersiapkan pelantikan.

Meskipun calon anggota DPRD Kabupaten Temanggung didominasi petahana, namun untuk PPP dari 5 kursi yang diperoleh, 4 calon merupakan wajah baru, yakni Rahmad Fauzi, Nurofik, Mahbub, Ahmad Syarif Yahya. Sedangkan petahana yang bertahan, yakni Slamet Ekowantoro.

Sejumlah partai baru yang ikut dalam Pemilu 2019 lalu,  belum ada satupun dari yang meraih kursi di DPRD Temanggung.

“Didominasi partai lama, untuk perolehan kursinya memang ada perubahan dari periode sebelumnya.  Kalau jumlah kursi yang diperebutkan sama. Contohnya PDIP dan Gerindra dapat satu tambahan kursi,  sedangkan untuk Partai Nasdem,  Hanura dan Partai Demokrat kursinya berkurang dari periode sebelumnya,” tandasnya. (Set)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here