Korban Selamat Kapal Pieces Pulang Paksa

Korban Selamat Kapal Pieces Pulang Paksa
ISTIRAHAT- Samlawi bersama keponakannya tengah istirahat di rumahnya di Desa Kupu.

BREBES – Korban selamat tenggelamnya Kapal Motor (KM) Pieces asal Kabupaten Brebes, Muhammad Samlawi telah sampai di rumahnya di Desa Kupu RT 01 RW 02 Kecamatan Wanasari, Rabu (7/8). Samlawi sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Bendan, Pekalongan setelah dievakuasi dari Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Samlawi sampai di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) pada Minggu (4/8) kemarin. Dia menjalani perawatan di Sakit Bendan, Pekalongan selama dua hari, yakni Minggu (4/8) hingga Selasa (6/8) siang. Pihak keluarga Samlawi menghendaki anaknya pulang paksa lantaran agar korban selamat tersebut mendapat perhatian dari keluarga.

“Iya pulang paksa supaya bisa berkumpul dengan keluarga. Ini akan memulihkan trauma yang dialaminya setelah 4 hari terombang-ambing di lautan. Kondisinya sekarang memang masih labil. Jangan dulu diajak bicara. Dia sampai di rumah hari Selasa sore kemarin,” kata orangtua Samlawi, Sudarno (59) di rumahnya, Rabu (7/8).

Sudarno menerangkan, saat ini luka bakar akibat tersengat terik matahari selama di lautan yang dialami Samlawi sudah mulai membaik. Begitu juga luka bakar di tangan akibat kebakaran yang melahap KM Pieces sesaat sebelum tenggelam. Samlawi terombang-ambing di lautan selama 4 hari tanpa makan dan minum. Terhitung dari Senin malam pukul 01.00 hingga Kamis siang.

Saat itu, berdasarkan keterangan dari korban selamat lainnya Bambang yang selama terombang-ambing di laut selalu bersama Samlawi, Sudarno mengatakan bahwa luka bakar di tangan Samlawi akibat dirinya menutupi wajah saat terjadi kebakaran. Namun bekas luka bakar di selimut tubuhnya kini sudah membaik. “Sekarang sudah membaik lukanya. Tapi jangan bicara dulu demi kesehatannya,” tambah Sudarno.

Hingga kini 30 korban tenggelam MK Pieces dari 37 awak kapal masih dilakukan pencarian, Senin (5/8), termasuk 4 siswa magang di kapal itu yang jumlahnya 5 orang termasuk Samlawi. Hal itu dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Bulakamba, Slamet Riyadi. “Masih dilakukan pencarian hingga sekarang,” kata Slamet.

Diketahui, kelima siswa korban KM Pieces itu ialah Febry Pratama Alan R asal Desa Tegalglagah RT 04 RW 09 Kecamatan Bulakamba, Priyanto asal Desa Petunjungan RT 02 RW 02 Kecamatan Bulakamba, M Kastari asal Desa Tegalglagah RT 02 RW 04 Kecamatan Bulakamba, Hikmal Ramadhan asal Kelurahan Pasarbatang RT 01 RW 07 Brebes.

Selanjutnya, Muhammad Samlawi asal Desa Kupu RT 01 RW 02 Kecamatan Wanasari. Samlawi ditemukan selamat, sementara 4 rekannya belum ditemukan. Samlawi kini menjalani perawatan di rumahnya dengan pengawasan dokter. (fid/ism)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here