52 Siswa Berlatih Jadi Dokter Kecil

dokterkecil
DOKTER KECIL. Siswa SD se- Magelang Utara mengikuti Pelatihan dokter kecil di Aula Puskesmas Magelang Utara,

MAGELANG UTARA-Pelatihan Dokter Kecil sebagai bagian dari kegiatan Program Kesehatan, khususnya Upaya Kesehatan Sekolah (UKS). Tim Puskesmas Magelang Utara melaksanakan kegiatan pelatihan Dokter Kecil tingkat Sekolah Dasar di wilayah Magelang Utara, selama dua 2 hari, Senin dan Selasa  (29-30-/7). Pelatihan dokter kecil diikuti oleh 52 siswa dari kelas 4 dan 5 dari seluruh sekolah di wilayah Magelang Utara, setiap sekolah mengirimkan perwakilan 2 hingga 3 anak.

Tujuan pelatihan dokter kecil adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan  mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga dan orang lain untuk hidup sehat. Kriteria dokter kecil belum pernah mendapat Pelatihan Dokter Kecil, berprestasi di sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan bertanggungjawab, berpenampilan bersih dan berperilaku sehat, berbudi pekerti baik dan suka menolong.

Kepala Puskesmas Magelang Utara, Istikomah menjelaskan materi atau pokok bahasan dalam kegiatan pelatihan dokter kecil yang di berikan antara lain materi UKS, P3K, Napza dan Bahaya merokok, Kesehatan Gigi dan Mulut, Gizi Anak Sekolah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat , Kesehatan Perorangan, Penyakit Menular dan Tidak Menular dan Imunisasi.

“Meskipun banyak materi yang diberikan siswa tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan, karena sebelum pergantian materi siswa diajak untuk melakukan peregangan, refeleksi dan games agar siswa tidak bosan dan jenuh. Sebelum pelatihan dimulai peserta pelatihan diberikan soal pre-test untuk mengukur pengetahuan awal sebelum diberikan materi dan diberikan post-test setelah pemberian materi selesai untuk mengukur peningkatan pengetahuan setelah diberikan materi, dan dari hasil menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dari setelah siswa mengikuti pelatihan,”ujarnya.

Isti berharap dari kegiatan pelatihan dokter kecil yang telah dilakukan diharapkan siswa mampu bersikap dan berperilaku sehat, mampu mengajak serta mendorong murid lainnya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing dan berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan di sekolah. “Harapannya dokter-dokter kecil ini dapat membantu memberikan pembinaan dan pembekalan kepada teman-temannya tentang kesehatan. Selain itu, saat ada pemberian obat cacing dan imunisasi bisa turut memberikan pemahaman. Kemudian membantu mengajak pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan sekolah,”imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya :  PPN Kabupaten Magelang Berikan Bantuan Setengah Ton Telur pada Nakes Kota Magelang

Rizky Almira Juniar, siswi kelas 4 MI Al Iman Tuguran mengaku senang bisa mengikuti pelatihan dokter kecil. “Bisa nambah ilmu, dapat hadiah juga dan makan jadi tambah tenang,”ungkapnya. (hen)