Tranformasi Dakwah Lewat Media Massa

KPI Dan Dakwah Lewat Media
PENGUKUHAN. Pengukuhan pengurus baru Forum Komunikasi Mahasiswa Nasional Komunikasi Penyiaran dan Islam (KPI) wilayah 3 Jateng-DIY saat menggelar Musyawarah Kerja di Unsiq Wonosobo 

WONOSOBO – Forum Komunikasi Mahasiswa Nasional Komunikasi Penyiaran dan Islam (KPI) wilayah 3 Jateng-DIY menggelar Musyawarah Kerja di Unsiq Wonosobo kemarin. Agenda itu diikuti sedikitnya 14 kampus se-Jateng-DIY yang mengirim perwakilannya mengikuti agenda selama tiga hari itu. Di agenda puncak musyawarah kerja, juga dihelat pengukuhan pengurus baru dengan Ketua Imas Lusyani asal IAIN Pekalongan. Selain itu, ada juga seminar kepenulisan bersama tiga orang narasumber para praktisi media dan akademisi mewakili Asosiasi Program Studi Komuniaksi dan Penyiaran Islam (Askopis ).

Menurut Pembantu Rektor 3, Samsul Munir Amin yang membuka kegiatan, para pengurus dan anggota Forkom Nas KPI merupakan calon penerus praktisi media yang akan mengemban dakwah seperti yang dilakukan sejak zaman Rasulullah. Yakni dakwah Bil Lisan, Bil Kalam, maupun Bil Hal yang kini bertransformasi dalam bentuk media massa baik cetak, elektronik maupun online.

“Media saat ini membutuhkan kreativitas yang berbeda dengan zaman dahulu, terlebih untuk berdakwah. Jika zaman dahulu penyampaian berita dan dakwah dilakukan secara langsung secara lisan maka saat ini banyak pilihan dan harus dibuat semenarik mungkin. Keberadaan kampus Unsiq ini juga tidak lepas dari sejarah yang panjang dari pendiri pondok pesantren terdahulu yang memiliki visi dalam dakwah,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam seminar kepenulisan yang mengangkat baik media konvensional maupun media online juga dibahas terkait transformasi media. Menurut Teguh Riyanto praktisi media online, di era ini memang dibutuhkan kecepatan dalam beradaptasi untuk bertahan di dunia media.

“Jika kita melihat perkembangan dari berabgai media online, mereka tidak hanya konsen pada bidang jurnalisme tetapi juga masalah algoritma dan juga bagaimana mendapatkan insight dari pengguna kita. Bahkan kini juga marak pembahasan soal data pengguna yang digunakan startup untuk menjual produk mereka,” ungkap Teguh

Artikel Menarik Lainnya :  Proses Sakral Hastungkoro dan Birat Sengkala Hanya Diikuti Pimpinan Daerah

Dijelaskan slah satu koordinator kegiatan, Sofiyanto, pada agenda itu juga diisi dengan rapat kerja pengurus, lomba-lomba seperti essay, video instagram, video reportase,  dan fotografi jurnalistik. Ada juga berbagai agenda kunjungan seperti ke Baitul Qur’an dan eksplor wisata Wonosobo ke Bukit Seroja dan Telaga Menjer Kecamatan Garung. (win)