SMKN 3 Magelang Terima Kunjungan Trainer dari TAFE Queensland

SMKN 3 Magelang Terima Kunjungan Trainer dari TAFE Queensland
KUNJUNGAN. Mrs Jennie Arnold dari Queensland bersama Kepala SMK Negeri 3 Magelang Ibu Mila Yustiana, dan Ibu Farida dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng.

MAGELANG – SMK Negeri 3 Magelang menerima kunjungan tamu  Trainer dari TAFE (Technical And  Further Educator) Queensland Mrs Jennie Arnold (Indigenous Business Studies). Wanita asal Australia itu didampingi 25 peserta International Skill Training/International Training And Assesor Course (ITAC) dari para guru SMK di Jawa Tengah.

Salah satu guru SMK Negeri 3 Magelang yaitu Ibu Iswati Ardiyanti SPd (Guru Perhotelan) terpilih menjadi peserta ITAC di Queensland.

Mrs Jennie sebagai instruktur dari Queensland menyempatkan diri datang berkunjung ke SMK Negeri 3 Magelang untuk melihat langsung pendidikan di SMK. Kedatangannya disambut secara langsung oleh Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana SPd MMPar didampimgi para tim manajemen sekolah. Kegiatan dengan ramah tamah di ruang transit dilanjutkan dengan keliling ke ruang praktik dari semua kompetensi keahlian. Dimulai ke Tata Busana menyaksikan saat anak-anak praktik menjahit. Saat masuk ruang praktik Tata Busana tersebut Mrs Jennie menyampaikan bahwa penataan ruang busana khususnya penempatan listrik di atas itu sesuai dengan prosedur untuk keamanan dan keselamatan area kerja. Karena saat observasi di lab di Kampus TEFA pun standarnya seperti itu. Produk unggulan Tata Busana yaitu kain d’JeLiPat pun memikat dan membuat tertarik Mrs Jennie, ternyata sangat kreatif dan membanggakan.

Para peserta pendamping juga langsung tertarik membeli dan memesan kain d’JeLipat. Dilanjutkan dengan mengunjungi ruang praktik Tata Kecantikan yang kebetulan sedang melaksanakan Uji Kompetensi LSP P1 berupa materi Uji Rias Wajah (make up). Mrs Jennie merasa kagum dengan hasil praktik anak-anak Tata Kecantikan, bahkan merasa bangga saat mengajak dialog salah satu siswa yang menguasi bahasa Inggris yaitu Arum Kusuma Arupadhatu. Mrs Jennie menyampaikan ternyata siswa Indonesia menguasai bahasa Inggris padahal siswa Australia belum tentu bisa bahasa Inggris.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 2 Magelang Terapkan PKL Online

Merasa senang juga melihat fasilitas ruang Spa dan ruang perawatan Tata Kecantikan yang ada di lantai 3, lengkap dengan prasarana pendukung praktik katanya.

Selanjutnya Mrs Jennie berkeliling di tempat praktik Tata Boga dan melihat langsung proses produk unggulan Tata Boga yaitu Browncafies kue yang terbuat dari tepung mocaf. Sangat tertarik dengan produk tersebut apalagi setelah merasakan atau mencicipi. Bahkan mengeluarkan uang langsung membeli di dapur produk Browncafies tersebut. Begitu juga para peserta pendamping ikut menyerbu memborong Browncafies untuk oleh-oleh karena memang mereka berasal dari berbagai daerah kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Kompetensi Keahlian Perhotelan menjadi kunjungan terakhir, melihat lobi dan kamar fasilitas di Hotel Citra SMK Negeri 3 Magelang. Luar biasa komplit fasilitasnya kata Mrs Jennie. Ia selalu memberikan tanggapan yang membanggakan dengan fasiltas dan kelengkapan ruang praktik sebagai pendukung pembelajaran. Bukti bahwa SMK mencetak siswa yang hebat dan mempunyai kemampuan kompetensi yang handal sesuai bidang pilihannya. Tak henti-hentinya memuji bahwa dukungan sarana pembelajaran yang lengkap menghasilkan lulusan siswa yang penuh pengalaman dan terampil.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana SPd MMPar, memberikan penjelasan yang lengkap dari semua kompetensi keahlian di SMK Negeri 3 Magelang. Ucapan terima kasih karena SMK Negeri 3 Magelang menjadi pilihan kunjungan Trainer/instruktur dari Queensland.

“Apalagi tanggapan Mrs Jennie yang merasa sangat senang berada di SMK Negeri 3 Magelang membuat kami merasa lebih percaya diri bahwa SMK Negeri 3 Magelang sudah mendapatkan penilaian yang bagus untuk lebih dikenal sampai luar negeri,” ujarnya. (rilis/adv)