Magelang Sajikan Pertandingan Liga 1 Junior U-20

Liga
BERSIAP. Para pelatih dan panitia penyelenggara Liga Junior U-20 usai menggelar konferensi pers di Hotel Sriti Kota Magelang, kemarin.

MAGELANG TENGAH – Liga 1 Junior Elite Pro Academi U-20 tahun 2019 bakal kembali digelar di dua stadion di Magelang, yaitu Stadion Moch Soebroto Kota Magelang dan Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang.

Seperti diketahui tahun 2018 lalu, dua stadion ini dipakai untuk laga perempat final Liga 1 U-19 dengan empat tim yang bertanding. Sementara tahun ini memakai juga Stadion Bhumi Phala Temanggung dengan tim yang bertanding lebih banyak, yakni 6 tim.

”Kami pilih lagi Magelang dan ditambah Temanggung, karena berkaca tahun lalu berjalan lancar. Selain itu, lokasinya yang strategis ada di tengah-tengah (provinsi). Termasuk pilihan lapangan yang banyak dan berkualitas,” kata perwakilan PT LIB, Zumi Zoftan saat konferensi pers pre match di Hotel Sriti, Senin (29/7).

Ia menjelaskan, tahun ini pertandingan di tiga stadion tersebut akan menyajikan babak penyisihan grup C. Tim yang berlaga antara lain Bali United, Borneo FC, Kalteng Putra, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

”Pertandingan akan dimulai besok (hari ini) pukul 15.00 WIB dan berakhir Senin (12/8) mendatang. Sementara ini kita bebaskan penonton untuk menyaksikan liga ini,” katanya.

Tahun ini pula, katanya, Liga 1 junior memang dinaikkan kelasnya menjadi U-20 dari tahun lalu hanya U-19. Hal ini karena sebagai sarana mencari bibit-bibit unggul yang diproyeksikan dapat memperkuat tim nasional muda atau bahkan senior.

”Itu salah satu target kompetisi ini, kita dapat membangun timnas muda atau bahkan senior mendatang. Pemain yang dapat berlaga di liga ini wajib warga negara Indonesia (WNI) dan boleh mainkan pemain senior asal jam terbang di tim senior masih rendah,” jelasnya.

Sementara itu, Pelatih Persebaya U-20, Uston Nawawi mengaku sudah sangat siap menghadapi liga ini. Mantan pemain tim nasional itu membawa 25 pemainnya dengan target melampauai capaian tahun sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya :  PPKM Mulai Dilonggarkan, PKL Kota Magelang Boleh Sediakan Dine In

”Tahun lalu kami juga main di Magelang dengan hasil kurang baik. Tahun ini kami kembali dengan target hasil yang lebih baik lagi. Terpenting, kami akan menampilkan permainan yang sportif dan fairplay dan ini ajang membawa mereka ke jenjang yang lebih tinggi lagi nantinya,” paparnya.

Pelatih Persipura Jayapura U-20, Tony Ho menambahkan bahwa timnya sudah siap mengaruni liga ini. Dengan membawa 22 pemain muda, pihaknya siap memamerkan sepak bola yang sportif.

”Persiapan sudah sekitar sebulan ini dengan mayoritas pemain lokal. Saya tidak pernah mengharuskan kemenangan, tapi mencoba bermain sebaik mungkin dan kemenangan akan mengikuti. Kita utamakan fairplay, karena sekaligus menanamkan karakter pada pemain,” pungkasnya. (wid)