Dewan Kaji Rencana Rusunawa Baru

Dewan Kaji Rencana Rusunawa Baru
RUSUNAWA. Antusiasme tinggi dari warga untuk menghuni Rusunawa, membuat DPRD akan mengkaji secara serius dan mendukung Pemkot untuk memiliki Rusunawa baru di dua kelurahan tahun ini.

MAGELANG SELATAN – Komisi C DPRD Kota Magelang akan segera mengkaji usulan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) soal penambahan rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) di Kelurahan Gelangan dan Kedungsari. Namun, pada prinsipnya kalangan wakil rakyat sepakat tentang rencana itu, mengingat animo tinggi dari masyarakat.

Ketua Komisi C, Evin Septa Hariyanta Kamil menuturkan, usulan penambahan Rusunawa rencananya akan diajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini mengingat kebutuhan di masyarakat masih cukup besar.

“Kami masih mengkaji usulan dari Disperkim tersebut sebelum diajukan ke Kementerian PUPR. Kajian bisa dari berbagai sisi, seperti ketersediaan lahan, tingkat kebutuhan, dan lainnya,” kata Evin, Senin (29/7).

Menurut dia, sejauh ini partisipasi masyarakat terhadap Rusunawa dan rumah khusus (Rusus) sangat positif. Hal ini terlihat dari terpenuhinya seluruh unit Rusunawa dan Rusus yang sudah ada, seperti di Potrobangsan, Tidar Selatan, dan Wates.

”Masyarakat antusias menempati Rusunawa dan Rusus ini, sehingga cepat terisi. Kami pun sebenarnya tetap mendorong adanya Rusunawa dan Rusus ini. Tapi, khusus untuk usulan penambahan di tahun ini masih kita kaji,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Meski masyarakat terbilang antusias, kata Evin, tetap ada keluhan dari para penghuninya. Keluhan kebanyakan untuk kelengkapan sarana prasarana, seperti arena bermain anak-anak dan infrastruktur yang ramah difabel.

“Ini jadi catatan kami agar pembangunan Rusunawa dan Rusus ke depan jauh lebih baik lagi. Yang pasti sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Terkait proyek pembangunan yang menjadi unggulan di tahun 2019 ini, ia menyebutkan, ada beberapa yang menjadi prioritas. Seperti lapangan tenis indoor dan outdoor yang harus selesai di tahun 2019.

Artikel Menarik Lainnya :  Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Polres Magelang Kota

”Apalagi, lapangan ini menurut rencana akan digunakan untuk event berskala nasional sehingga harus benar-benar siap. Pembangunan lain yang selalu kami dorong penyelesaiannya adalah kolam renang agar secepatnya bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya. (wid)