Puskesmas Magelang Utara Masuk Nominasi FKTP Berprestasi

Puskesmas.
Puskesmas Magelang Utara Masuk Nominasi FKTP Berprestasi

MAGELANG UTARA – Puskesmas Magelang Utara sebagai nominator penilaian FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Berprestasi tingkat Jawa Tengah. Lomba ini diadakan dalam rangka HUT ke-51 BPJS Kesehatan. Sebelumnya serangkaian kegiatan lomba antara lain sudah diadakan antara lain lomba Knows and Wins bagi petugas FKTP dan Peserta Prolanis, Lomba FKTP unggulan bagi Klinik, dan Dokter, serta bersama Dinas Kesehatan turut serta dalam FKTP Berprestasi ini.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Ika Wulanndari menjelaskan peserta lomba seluruh Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

FKTP yang lolos seleksi di Cabang Magelang untuk FKTP Berprestasi hanya Puskesmas Magelang Utara. Untuk klinik hanya satu Klinik Daqu Sehat dan Dokter yaitu drg Sri Rahayu.

“Magelang utara merupakan FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, di mana dibayarkan berdasarkan sistem kapitasi berbasis komitmen (KBK) yang merupakan salah satu aspek penilaian KBK. BPJS Kesehatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FKTP yang berprestasi,” ungkapnya.

Tim penilai dari Provinsi Jateng melakukan peninjauan langsung di puskesmas yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini untuk melakukan penilaian lapangan, Rabu (24/7). Setelah memberikan pengarahan di ruang rapat puskesmas, tim langsung bergerak ke posnya masing-masing untuk melakukan peninjauan dan penilaian.

Ketua Tim Penilai Puskesmas Unggulan Kategori Perkotaan dari Dinas Kesehatan Jateng, Wachidanijah SKM Mkes menuturkan, setiap puskesmas yang sudah berdiri dan teregistrasi akan dinilai setiap tahun dalam Puskesmas Berprestasi.

Penilaian dilakukan antara lain administrasi manajemen, upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM). “Tidak hanya dari bidang pelayanan kesehatan saja. Namun, juga melibatkan tim penilai lintas program. Seperti program promosi kesehatan, kesehatan ibu-anak dan gizi, penyakit menular dan tidak menular, serta program kesehatan lingkungan,’’ tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Buka Usaha Kue Bagelen Oke, Ben Libatkan Karyawan Difabel

Menurut Dani begitu panggilan akrabnya, kegiatan Puskesmas Berprestasi tak sekedar penilaian kualitas pelayanan kesehatan saja. Melainkan juga pembinaan kepada puskesmas terpilih. Harapannya, inovasi dan keunggulan di pusat layanan kesehatan masyarakat itu dapat ditiru oleh puskesmas lainnya di daerah tersebut.

Lebih lanjut, Dani menjelaskan, penilaian dilakukan secara berjenjang. Dimulai dari kota/kabupaten. Kemudian, naik ke tingkat provinsi dan yang tertinggi adalah penilaian skala nasional.

‘’Di tingkat provinsi kami menilai dari tahap administrasi. Setelah terseleksi dari tahap itu baru kami lakukan peninjauan ke lapangan untuk klarifikasi dokumen yang sudah dikirimkan oleh puskesmas tersebut,’’ papar Kasi Standarisasi Pelayanan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Jateng.

Sebagai nominator, Puskesmas Magelang Utara memiliki inovasi unggulan untuk mensinergikan upaya kesehatan masyarakat dan kesehatan perorangan. Antara lain smart tetap sehati, cupang (cup-cup sayang), Gerakan Putasi , Si Pitung, Hcc, Spj telor beras, Kader petisi, Cumogi, Finding myco dan Pemilihan pegawai bintang. “Kami fokus digerakan inovasi sebagai aksi peningkatan kesehatan. Seperti SPJ Telor Beras ini merupakan patroli jentik nyamuk di mana daerah Magelang Utara merupakan endemik DBD,” tutur Kepala Puskesmas Magelang Utara, dr Istiqomah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Budi Santoso mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Puskesmas Kota Magelang. Dinkes juga berupaya mendorong agar puskesmas lainnya dapat berinovasi dan meningkatkan mutu pelayanan. ‘’Harapannya, Puskesmas Magelang Utara dapat mewakili Jateng di tingkat nasional dan menjadi contoh bagi puskesmas lainnya di Kota Magelang,’’ imbuhnya. (hen)