Pejabat Pemkab Ziarah ke Makam Tumenggung Bahurekso di Tegal

Pejabat Pemkab Ziarah
ZIARAH – Wakil Bupati Kendal saat ziarah ke Makam Bupati Kendal Pertama yakni Tumenggung Bahurekso di Tegal.

KENDAL – Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-414 pada tanggal 28 Juli tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan kunjungan silaturahim ke Pemerintah Kabupaten Tegal sekaligus berziarah di makam Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (24/7), Lebaksiu Tegal.

Dalam kunjungannya, rombongan pejabat Pemkab Kendal yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kendal, H Masrur Masykur bersama Sekda Kendal, Moh Toha disambut baik oleh Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, dr Widodo Joko Mulyono, di Pendopo Kabupaten Tegal.

Dalam sambutannya, Widodo menyampaikan selamat kepada rombongan pejabat Kendal yang tengah menapaktilas sejarah berdirinya Kabupaten Kendal guna memperingati Hari Jadi ke-414.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya turut bangga Kabupaten Tegal menjadi bagian dari sejarah Kendal karena keberadaan pesarean Joko Bahu di Astana Jambu Lebaksiu, di mana beliau untuk pertama kalinya diangkat oleh Sultan Agung Mataram (Islam) Prabu Hanyokrokusumo pada 12 Rabiul Awal 1014 H atau 28 Juli 1605 sebagai Bupati Kendal dengan gelar Tumenggung Bahurekso.

“Kami mengenal sosok Tumenggung Bahurekso sebagai tokoh pemberani, Panglima Perang yang memimpin puluhan ribu prajurit Mataram menyerbu VOC di Batavia. Upaya Pemerintah Kabupaten Kendal melestarikan tradisi ziarah Hari Jadi ini adalah bagian cara mewarisi legasi atau kebaikan dari para pendiri dan pemimpinnya, di samping doa selamat dari para sesepuh, para kiai dan alim ulama,” imbuhnya.

Sementara itu, H Masrur Masykur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tegal yang telah menyambut dengan baik. “Kedatangan kami selain bersilaturahim juga untuk melakukan ziarah di makam Bupati Kendal yang pertama, yaitu Tumenggung Bahurekso Kendal, sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Kendal yang ke-414,” terangnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tiga Exit Tol di Kabupaten Kendal Ditutup

Ia berharap, ziarah tersebut dapat menambah iman dan taqwa kepada Allah SWT, sekaligus mengingat perjuangan Tumenggung Bahurekso yang merupakan seorang pemimpin tangguh dan amanah. “Semoga perjuangan kita ini bisa mencontoh perjuangan dari Tumenggung Bahurekso, yaitu sesuai dengan misi pemeritah adalah dapat mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyrakat,” harapnya.

Usai acara penerimaan, para pejabat Pemkab Kendal didampingi pejabat Pemkab Tegal langsung menuju ke makam Tumenggung Bahurekso. Kemudian setelah sampai di makam, mereka bersama-sama memanjatkan doa dan menaburkan bunga sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa perjuangan Bupati Kendal pertama tersebut.(fik)