Bus Sekolah di Kecamatan Banyumas

bus
Armada Kurang, Usulkan Lagi Lima Bus

PURWOKERTO-Bantuan dua bus sekolah yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemkab Banyumas telah seminggu dinikmati siswa di Kecamatan Banyumas, Somagede dan sekitarnya. Sejak dioperasionalkan saat awal masuk sekolah, bus digemari banyak siswa. Tak sedikit diantaranya, tidak kebagian armada gratis tersebut.
“Seminggu ini bagus sekali, makin penuh, dan kalau dihitung armada kurang,” kata Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Banyumas, Taryono sambil menambahkan, seminggu berjalan sudah menunjukan hasil yang memuaskan.
Dalam seminggu berjalan kemarin, Dinhub berusaha mencari pola terbaik terkait jam pemberangkatan, titik kumpul, serta rute bus.
“Sudah mulai terlihat polanya, yang ke Somagede berapa, yang ke Banyumas berapa. Kalau berangkat, langsung terbagi. Dari arah Kemawi, Klinting, Tangeran, Sokawera, belok kanan arah Somagede. dan yang satu bus lagi belok kiri langsung ke Banyumas,” jelasnya.
Sementara untuk rute penjemputan, lanjut dia, berbeda dari rute pemberangkatan.
“Kita bedakan dari sisi jam sekolah karena beda SMP dan SMA. Satu bus untuk SMP jam 3, satu lagi SMA jam 4,” imbuhnya.
Taryono mengungkapkan, dalam satu bus dapat menampung sebanyak 36 siswa, dengan komposisi 26 siswa duduk, dan 10 berdiri.
Usulan bus tambahan sudah dilakukan oleh Banyumas yaitu sebanyak lima bus, bahkan usulan tersebut langsung diantar oleh Wakil Bupati Banyumas.
“Animo masyarakat luar biasa senang. Namun, beberapa masukan, ada yang khawatir angkutan umum tidak jalan. Kami jawab karena memang operasionalnya adalah dijalur yang puluhan tahun tidak dilayani angkutan umum. Ada juga daerah lain yang meminta juga bus sekolah,” tandasnya. (mhd)

Artikel Menarik Lainnya :  Kapolda Jateng Tegaskan Penutupan Jalan Bukan Untuk Tempat Olahraga