Bupati Resmikan Dua Proyek dari Anggaran DD

Dua Proyek dari Anggaran DD Diresmikan Bupati
RESMIKAN. Bupati Purworejo Agus Bastian meresmikan Pasar Desa Sokowaten dan TK Tri Waluyo Asih dan Paud Putra Bangsa di Desa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip, kemarin.

PURWOREJO – Dua proyek desa yang dibiayai anggaran Dana Desa (DD) diresmikan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam rangkaian kegiatan Bupati Saba Desa, Senin (22/7) sore. Kedua proyek tersebut adalah pembangunan Pasar Desa Sokowaten dan TK Tri Waluyo Asih dan Paud Putra Bangsa di Desa Tegalrejo Kecamatan Banyuurip.

Kepala Desa Sokowaten Triono Among P, menyebut, pasar desa Sokowaten didanai dari transferan DD tahun 2018 tahap ketiga sebesar Rp190 juta. Pasar terdiri atas 3 kios dan 17 los dengan jumlah peminat lebih dari 24 orang.

“Kami berusaha menciptakan mikro ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Mudah-mudahan adanya pasar ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Sokowaten dan sekitarnya,” sebutnya.

Dijelaskan, pembangunan pasar itu berangkat dari keinginan untuk nguri-uri budaya. Pasalnya, pada zaman penjajahan dahulu tahun 1940 pernah menjadi pasar desa.

“Jadi ini untuk membangkitkan kembali pasar yang dulu ada. Semoga menjadi berkah untuk warga Desa Sokowaten dan tetanga Desa Candingasinan,” jelasnya.

Kepala Desa Tegalrejo, Budi Prakoso menyebutkan, total anggaran yang digunakan dalam pembangunan TK dan PAUD sebesar 557 juta dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 dan 2019.

“Sumber anggaran dari DD tahun anggaran 2018 sebesar 423 juta dan DD tahun anggaran 2019 sebesar 134 juta,” sebutnya.

Budi berharap dengan adanya fasilitas sekolah ini, kualitas pendidikan TK dan PAUD semakin meningkat dan pelayanan terhadap anak didik semakin baik.

Bupati Agus Bastian mengapresiasi pembangunan kembali pasar kuno tersebut. Dirinya berharap dengan adanya pasar ini dapat menggerakkan roda perekonomian warga sekitar.

“Pasar kuno yang sudah lama dan direhab kembali. Sebetulnya masih banyak potensi yang bisa digali di desa yang ada di Kecamatan Banyuurip. Ada juga sumur beji dan wisata religi. Warga Desa Banyuurip juga diharapkan terus meningkatkan potensi seni budaya,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Warga Desa Bubutan Diresahkan Kawanan Kera Liar