Lion Air Molor Turunkan Tarif Penerbangan

lion
Lion Air Molor Turunkan Tarif Penerbangan

JAKARTA – Maskapai Lion Air sebelumnya berjanji akan menurunkan harga tiket pesawat pada Kamis 18 Juli 2019 lalu. Janji memang mudah diucapkan, tetapi pada kenyataannya nol besar. Kini, Lion Air memastikan bakal menurunkan harga tiket penerbangan pada Rabu (4/7) pekan ini.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bos Lion Air Group, Rusdi Kirana. Alasan kenapa lama memutuskan penurunan tiket pesawat lantaran membutuhkan waktu untuk menyesuaikan sistem.

”Memang kita mintanya Rabu ini kan. Kan sistemnya harus perlu disesuaikan dahulu,” ujarnya di Jakarta, kemarin (22/7).

Duta besar Indonesia untuk Malaysia itu menegaskan siap mematuhi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Lion Air akan menyediakan tiket pesawat murah pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu, untuk waktu keberangkatan pukul 10.00 waktu setempat.

”Ya memang harus disesuaikan. Ini kan sudah aturan. Jadi skemanya mulai hari Rabu ini, semuanya sudah bisa jalan,” ucap dia.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan, jika ada maskapai tidak mematuhi keinginan pemerintah hal itu tidak masalah. Sebab kebijakan tersebut tidak mengikat secara hukum.

”Kalau airlines sanggup, dilaksanakan dengan baik. Kalau tidak sanggup, tidak melaksanakan ya tidak apa-apa. Jadi tidak ada peraturan peraturan perundang-undangan yang dilanggar airline,” kata Alvin Lie kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (22/7).

Sementara terkait penumpang pesawat diperkirakan akan meningkat hingga 30 persen seiring kebijakan penurunan harga tiket angkutan udara sebesar 50 persen, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) memperkirakan permintaan penerbangan akan tumbuh antara 20 persen hingga 30 persen.

”Kalau di hari-hari biasa saja saya rasa tidak akan bisa mendorong. Tapi di hari tertentu saja seperti Selasa, Kamis, dan Sabtu akan mendorong peminat menggunakan maskapai sebesar 20 persen sampai 30 persen ya,” kata dia di Jakarta, kemarin (22/7).

Artikel Menarik Lainnya :  Hari Raya Idul Adha, Mobilitas Warga Turun

Namun untuk saat ini pihaknya belum bisa melihat dampak kenaikan penumpang karena baru berakhir musim libur sekolah.

”Belum bisa ketahuan, karena masih bercampur-campur dengan musim libur sekolah. Jadi baru bisa dilihat satu-dua minggu lagi,” ujar dia.

Adapun sejumlah maskapai berbiaya murah atau los cost carrier (LCC) seperti AirAsia dan Citilink telah menurunkan tarif pesawat sebesar 50 persen sejak resmi diberlakukan pemerintah pada 11 Juli 2019.

Penurunan ini hanya berlaku di hari dan jam tertentu, yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu dengan keberangkatan pukul 10.00-14.00 waktu setempat dengan alokasi kursi sebesar 30 persen.(din/fin)