Pembukaan Porkab Perdana Berlangsung Meriah

Pembukaan Porkab Perdana Berlangsung Meriah.
PEMBUKAAN. Sejumlah atlet dari 16 kecamatan saat mengikuti upacara pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Purworejo 2019 yang digelar oleh KONI Kabupaten Purworejo.

PURWOREJO – Sebanyak 1.237 atlet dari sejumlah cabang olahraga bakal mengikuti gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Purworejo 2019. Atlet-atlet tersebut mewakili 16 kontingen kecamatan di Purworejo.

“Para atlet tersebut akan mengikuti delapan cabor selama Porkab digelar. Delapan cabor tersebut di antaranya, tenis meja, bola volly, sepak bola, basket, bulu tangkis, silat, catur, dan sepak takraw. Para atlet dijadwalkan akan berlaga hingga 10 Agustus mendatang. Khusus pertandingan cabor sepak bola sudah digelar sebelum pembukaan resmi,” kata Ketua KONI Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah, usai upacara pembukaan Porkab yang digelar di Alun-alun Purworejo, Minggu (21/7).

1.237 Atlet Berlaga Bakal Adu Tanding

Dikatakannya, seluruh atlet perwakilan masing-masing kecamatan tersebut merupakan atlet-atlet pilihan dan terbaik di masing-masing kecamatan. Menurutnya, Porkab tersebut digelar sebagai ajang menggelorakan serta pembinaan dan bimbingan bagi seluruh atlet lokal di seantero Purworejo. Sehingga bisa terseleksi atlet berprestasi yang nantinya bisa membawa nama harum nama daerah di berbagai ajang olahraga.

 

“Karena ini Porkab pertama di Purworejo, jadi masing-masing atlet seleksinya melalui berbagai kegiatan olahraga yang sudah digelar kecamatan. Kedepan semoga gelaran Porkab kali ini dapat diawali dari Porcam,” imbuh Abdullah.

Abdullah mengemukakan, upacara pembukaan porkab diselenggarakan tanpa adanya alokasi anggaran. Namun, katanya, segala upaya menggaet swadaya stake holder olahraga Purworejo, terus dilakukan sehingga penyelenggaraan upacara pembukaan hingga penutupan, berjalan sukses.

“Upacara pembukaan yang menghibur mendorong masyarakat untuk menonton. Jika banyak yang datang, maka tujuan KONI memasyarakatkan olahraga di Purworejo semakin cepat tercapai,” tuturnya.

Menurutnya, prestasi Purworejo masih kalah dibandingkan kabupaten lain karena kurang membudayanya olahraga. “Kami bertekad membumikan olahraga hingga pelosok 16 kecamatan,” ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Lewis Hamilton Jadi Korban Rasisme

Sementara itu, Bupati Purworejo yang hadir diwakili oleh Sekretaris Daerah Purworejo, Said Romadhon dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada KONI Kabupaten Purworejo yang telah bekerja keras menyelenggarakan Porkab untuk pertama kalinya di Kabupaten Purworejo.

“Kegiatan Porkab ini telah digagas sejak 2018. Rencananya akan diselenggarakan pada tahun 2020 mendatang. Namun, KONI dengan semangat dan kerja kerasnya ternyata mampu menggelar lebih awal. Tentu semangat ini patut kita apresiasi bersama,” kata Said.

Melalui Porkab, sambung Said, tujuan olahraga dapat tersosialisasikan, yakni dapat terjaring bibit berbakat, meningkatkan prestasi, serta mampu meningkatkan persatuan antar insam olahrga khususnya, dan generasi bangsa umumnya. Gelaran Porkab 2019 diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kemajuan dunia olahraga di Purworejo.

“Pembinaan atlet berprestasi itu bukan proses instan, diperlukan pembinaan sistematis dan berjenjang. Kami berharap kegiatan Porkab kali ini dapat dilaksanakan setiap tahun, agar terjaring para atlet berbakat yang mampu menorehkan prestasi,” tandasnya.

Pembukaan Porkab 2019 digelar meriah, atlet delegasi masing-masing kecamatan menampilkan defile dengan kreasi busana karnifal. Pembukaan juga demeriahkan dengan penampilan senam artistik oleh atlet cilik berbakat Nadine Theresia dan demo wushu. (adv/luk)