Renovasi Stadion Bakal Terealisasi

Renovasi Stadion Digadang-Gadang Terealisasi
Foto: MEGAH. Grand desain Stadion WR Soepratman Purworejo yang diproyeksikan menjadi kawasan Sport Center megah. (dok Dindikpora)

PURWOREJO–  Rencana renovasi Stadion WR Soepratman Purworejo dan mengembangkan kawasan itu menjadi Sport Center digadang-gadang dapat terealisasi dengan baik demi kemajuan olahraga Kabupaten Purworejo. Berbagai pihak pun memberikan dukungan. Dua diantaranya yakni Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Kabupaten (Pengkap) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Purworejo.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) telah merencanakan merenovasi stadion agar menjadi representative dengan anggaran sekitar Rp25 miliar. Pada tahap awal, renovasi dimulai pada tahun 2020 menggunakan alokasi dana APBD sebesar Rp10 miliar. Renovasi akan dilanjutkan dengan anggaran Rp15 miliar yang kini masih diajukan ke Kemenpora. Sementara untuk proyeksi pembangunan Sport Center butuh anggaran sekitar Rp89 miliar, tetapi belum jelas sumber pendanaannya.

Ketua KONI Kabupaten Purworejo, R Abdullah, mengatakan, meskipun masih terlalu kecil anggaran yang diperuntukan untuk rehab stadion tersebut, upaya itu patut disambut positif oleh insan dan penggiat olahraga.

“Setidaknya tanda-tanda bupati mulai memperhatikan fasilitas olahraga mulai tampak. Semoga tiap tahun terus diperhatikan sarana dan prasarana olahraga agar dunia olahraga makin bergairah dan ujungnya melahirkan olahragawan berprestasi. Ingat stadion bukan hanya untuk sepakbola tapi untuk berbagai olahraga seperti atletik dan lain-lain,” kata Abdullah saat dikonfirmasi, Kamis (18/7).

Abdullah juga berharap tidak hanya stadion yang diperhatikan, melainkan juga sarana olahraga lain. Adanya berbagai sarana penunjung olahraga yang memadai diyakini mampu melahirkan atlet-atlet handal dari Purworejo.

“Setelah stadion nanti wajib merenovasi dan mendirikan GOR baru sebagai sarana olahraga indoor. Kita semua berharap suatu saat dapat menggelar even-even olahraga skala nasional di Purworejo setelah fasilitas olahraga memadai,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Diberhentikan, Kades Briyan Keberatan

Terpisah, Ketua Pengkab PSSI Purworejo, Angko Setiyarso Widodo, juga menyatakan dukungan atas rencana renovasi stadion dan pembagunan sport center itu. Terlebih, kondisi stadion sepak bola milik Pemkab Purworejo ini dinilai sangat memprihatinkan.

“Sudah sejak lama, stadion yang menjadi markas Persikabpur Divisi 3 hingga divisi 1 ini terbengkalai, tidak pernah direnovasi. Atap tribun penonton terlihat berlubang di sana-sini. Rumput mengering, bahkan jaring gawang pun sudah tidak ada. Sama sekali tak meninggalkan bekas bahwa di stadion ini pernah menjadi base camp kesebelasan kebanggan kabupaten yang memiliki tagline Mulyo ini,” tandasnya. (top)