Harga Cabai Sret Menyusul Naik 

    cabai sret.
    LAYANI. Seorang pedagang sayuran di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung sedang melayani pembeli.

    TEMANGGUNG – Tidak hanya cabai keriting merah saja yang harganya mulai merangkak naik, cabai sret (setan merah) juga rupanya mengalami kenaikan. Harga cabai sret sejajar dengan harga cabai keriting merah yakni Rp45.000 per kilogram.

    “Sudah sepekan ini naik, tadinya yang paling mahal hanya cabai keriting merah saja,” ungkap Wiwin salah satu pedagang sayuran di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Selasa (9/7).

    Menurutnya, sudah cukup lama harga cabai sret ini tidak mengalami kenaikan. Pada saat menjelang dan pasca Idul Fitri lalu, harga cabai yang dikenal dengan rasanya yang super pedas ini hanya mencapai harga tertinggi yakni Rp30.000 per kilogram.

    “Di tahun-tahun sebelumnya harga cabai setan merah ini kan paling mahal, bahkan pernah mencapai Rp70.000 per kilogram, kalau tidak salah dua tahun lalu,” katanya.

    Harga tersebut sebutnya, naik dari harga sebelumnya yakni Rp35.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai sret ini bertahap sampai tiga kali. Sedangkan untuk harga cabai keriting hijau masih dijual dengan harga RP25.000 per kilogram, cabai rawit Rp25.000 per kilogram.

    Ia menuturkan, kenaikan harga cabai ini kemungkinan karena saat ini pasokan dari petani mulai berkurang. Sebab sebagian besar petani di Temanggung sedang menanam tembakau.

    “Sebagian besar petani di Temanggung tanam tembakau, jadi pasokan dari petani lokal sangat minim sekali,” katanya.

    Juwani pedagang lainnya menambahkan, saat ini sebagian besar pedagang sayuran menerima pasokan dari petani dari luar daerah, sehingga harga jual sayuran khususnya cabai mengalami kenaikan.

    “Kebanyakan dari Kretek Wonosobo, Bandungan Semarang dan Ambarawa dan beberapa daerah lainnya,” tuturnya.

    Meskipun saat ini harganya cukup mahal, namun tingkat penjualan cabai di Pasar tidak seperti saat menjelang dan pasca Idul Fitri lalu. Saat ini daya beli masyarakat sangat menurun.

    “Biasanya dalam sehari paling tidak bisa menjual minimal 30 kilogram cabai, tapi saat ini paling banyak hanya menjual sebanyak 10 kilogram saja,” tuturnya.

    Terpisah Kepala Bidang Holtikultura, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Temanggung, Sigit Sulistyo Budi, mengatakan, berdasarkan pantauan selama sepekan terakhir, harga cabai memang mengalami kenaikan harga, namun kenaikan harga cabai ini masih bisa terjangkau oleh konsumen.

    “Setiap hari kami melakukan pemantauan di pasar, selama sepekan terakhir ini memang mengalami kenaikan, terutama untuk cabai keriting merah dan cabai setan,” terangnya. (set)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here