Kominfo Gandeng Shopee Fasilitasi UMKM Go Online

    JAKARTA – Memasuki revolusi industri 5.0, teknologi digital telah menjadi tumpuan ekonomi. Fasilitasi UMKM Go Online dimaksudkan untuk pemerataan akses pasar berbasis digital dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan.

    Hal ini lah yang mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kominfo meluncurkan kegiatan UMKM Go Online dengan menggandeng salah satu platform market place terbesar se-Asia Tenggara Shopee.

    Penandatanganan kerjasama (MoU) Fasilitasi UMKM Go Online dilakukan Kominfo dalam hal ini DireKtur Jenderal Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani dengan Handhika Jahja Direktur Shopee di Jakarta, Senin (1/7).

    “Kami berharap dengan program ini UMKM di pasar akan memiliki dua lapak yakni satu kios di pasar dan satu lagi di dunia Maya, dengan adanya kios di dunia Maya ini diharapkan UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan omsetnya,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Samuel Abrijani.

    Targetnya fasilitasi UMKM Go Online ini akan mengajak para pedagang di pasar-pasar tradisional. Pada kuartal 1 Grebeg pasar akan dilakukan di 20 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia, tiap kota akan digelar di 6 titik pasar tradisional.

    Sejumlah relawan pandu digital akan melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada para umkm secara door to door untuk membuka dan menguasai cara bertransaksi online di market place Shopee.

    Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia optimis program Fasilitasi UMKM Go Online ini akan menarik ratusan ribu bahkan jutaan UMKM di seluruh Indonesia.

    Dia juga mengungkap fakta adanya pergeseran tren belanja online sekitar 95% pemesanan di Shopee dilakukan melalui aplikasi ponsel. “Dengan penandatanganan ini kami sepakat untuk mendukung kesuksesan program Fasilitasi UMKM Go Online,” ujar Handhika Jahja.

    Tak hanya itu, pihaknya juga yakin bisa menggandeng jutaan UMKM bahkan sampai 8 juta umkm nantinya yang dapat mengikuti program ini. “Tapi pointnya bagi market place seperti kami untuk mencari jumlah umkm yang menggunakan platform kami tidaklah sulit, namun tidak sekedar menaruh produknya di online Shopee saja tapi bagaimana kita mendorong usaha mereka lebih maju dengan peningkatan omset berkali kali lipat. Rata-rata umkm yang sudah bergabung di Shopee transaksi penjualannya dapat meningkat 8 kali lipat,” pungkas Handhika Jahja.(ds/din/fin).

    Artikel Menarik Lainnya :  Layang-layang Raksasa Buatan Tegar Mampu Terbangkan Manusia