Stok Darah Golongan O dan AB Kosong

    TEMANGGUNG – Sejak memasuki bulan Ramadan, permintaan darah dari sejumlah rumah sakit yang ada di Temanggung cendrung mengalami peningkatan.

    Hal itu membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Temanggung mengalami kekurangan, terutama untuk golongan darah O dan AB.

    Kendati demikian PMI Temanggung tetap berusaha untuk menggandeng sejumlah pihak untuk mendonorkan darah.

    “Pada Kamis pagi dua jenis golongan darah ini tidak ada stok sama sekali, tapi Kamis sore ada donor darah semoga saja ada golongan darah untuk kedua jenis ini,” kata salah satu anggota PMI Temanggung Budi Susilo, kemarin.

    Ia mengatakan, persediaan darah yang ada adalah golongan darah A (4 kantong) dan AB (15 kantong), Sementara untuk golongan darah O dan AB tidak ada sama sekali.

    “Setiap hari ada permintaan darah, tapi jenis golongan darahnya tidak menentu,” terangnya.

    Untuk memenuhi permintaan tersebut, pihak PMI dan keluarga pasien terpaksa harus mendatangkan pendonor dari rekan masing-masing. Namun, kondisi berpuasa para pendonor tidak seluruhnya dapat diambil darahnya.

    “Banyak yang mau donor setelah mengetahui keadaan ini, tetapi setelah kami periksa, tidak bisa kami ambil karena tensi atau HB terlalu tinggi,” tambahnya.

    Ia menjelaskan, untuk memenuhi permintaan darah tersebut, pihaknya telah bekerjasama dengan sejumlah gereja dan warga non-muslim yang tidak menjalankan puasa. Namun, langkah tersebut ternyata tidak sebanding dengan permintaan darah yang jauh lebih tinggi dari jumlah pendonor.

    “Memang tidak selalu seperti yang diharapkan, tapi selama Ramadan ini selalu ada saja yang mendonorkan darahnya,” katanya.

    Salah satu pendonor, Supangat mengatakan, setelah mendapatkan informasi bahwa ketersediaan darah di PMI habis, ia langsung bergegas untuk mendonorkan darahnya di PMI, namun karena kondisi HB yang terlalu tinggi, pihak PMI tidak berani untuk mengambil darahnya.

    “Terpaksa ditunda sampai kondisi fisik benar-benar sehat,” terangnya.

    Artikel Menarik Lainnya :  Layang-layang Raksasa Buatan Tegar Mampu Terbangkan Manusia

    Ia mengaku akan menginformasikan kekurangan darah PMI ini kepada sanak saudara dan handaitolannya, dengan harapan ada yang terketuk hatinya untuk mendonorkan darah mereka.

    “Terutama akan saya informasikan kepada teman-teman atau saudara saya yang tidak menjalankan ibadah puasa, semoga saja ada yang mau mendonorkan darah mereka,” harapnya.(set)