Perayaan Waisak Diawali Pengobatan Gratis

Pengobatan Gratis
PENGOBATAN GRATIS. Bakti sosial (baksos pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar Candi Borobudur, dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE tahun 2019.

BOROBUDUR – Rangkaian kegiatan  perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE tahun 2019 diawali dengan bakti sosial (baksos) yaitu pengobatan gratis untuk masyarakat di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Digelar di pelataran Candi Borobudur Selasa (14/5), oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) itu dibuka langsung oleh Ketua Umum Walubi, S Hartati Murdaya.

Hartati Murdaya, mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung kali ini, yang merupakan tema nasional “Pahami Hati, Tampakan Kesejatian Diri” dengan sub tema Implementasi Bodhisattvayana dengan Berbagi dan Melayani Sesama Manusia”.

“Untuk kesekian kalinya Walubi mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Pelataran Candi Borobudur bagi masyatakat sekitar yang tidak mampu. Lebih kurang 8.000 warga,” ucap Hartati.

Adapun kegiatan pengobatan gratis kali ini melayani pengobatan umum dan spesalis, poli gigi (cabut dan tambal gigi), poli mata operasi katarak, operasi benjolan/bedah minor, operasi bibir sumbing dan lain-lain.

Untuk dokter yang bergabung merupakan kerjasama antara Diskes TNI AU, Puskes TNI AD dab Walubi, serta didukung oleh dokter swasta dari Rumah Sakit Sarjito, Dinkes Kabupaten Magelang. Dengan didukung 185 tenaga dokter, 294 tenaga paramedis dan sekitar 650 tenaga sukarelawan.

“Dengan harapan dapat turut membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu atau sama sekali tidak mampu,” ungkap Hartati.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Biro Kesra Setda Jawa Tengah, Drs Imam Maskur MSi, menyampaikan, atas nama pemerintah Jawa Tengah menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Ini merupakan bentuk kepedulian solidaritas, gotongroyong dalam rangka menghadirkan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” tutur Imam.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi S, menyampaikan terimakasih karena dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :  Warga yang Isoman Diberi Suplemen Herbal

“Kami mewakili TNI/Polri mengucapkan terimakasih masih dilibatkan dalam baksos ini untuk berbagi menyehatkan masyarakat,” ungkapnya.(cha)