Jelang Lebaran, Stok Elpiji 3Kg Dekati Aman

    Jelang Lebaran, Stok Elpiji 3Kg Dekati Aman
    DISTIBUSIKAN. Salah seorang pekerja sedang mendistribusikan tabung tiga kilogram.

    //Gas Bersubsidi untuk Warga Tidak Mampu//

    TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung mengimbau agar masyarakat tidak panic buying pada gas tabung tiga kilogram saat bulan Ramadan hingga perayaan Idul Fitri mendatang. Sebab persediaan untuk gas tabung tiga kilogram sudah dimintakan penambahan.

    Kasubbag Produksi Daerah Bagian Perekonomian, Pemkab Temanggung, Rahmaningrum Widi Apsari mengatakan, panic buying hanya akan merugikan masyarakat saja. Padahal selain bahan bakar gas tiga kilogram pemerintah juga menyediakan bahan bakar gas dengan ukuran lain.

    Oleh karena itu, pemerintah menyarankan kepada masyarakat yang sudah mampu untuk tidak lagi menggunakan gas tabung tiga kilogram, sebab tabung gas bersubsidi tersebut khusus hanya bagi warga tidak mampu.

    “Ditabung sudah tertulis dengan jelas, bahwa tabung tiga kilogram ini khusus untuk warga miskin,” katanya.

    Terkait dengan pengajuan tambahan, ia mengaku, pihaknya sudah mengajukan tambahan sebanyak 10 persen dari kuota harian. Tambahan ini diperkirakan akan mencukupi semua kebutuhan masyarakat selama Ramadan hinga Idul Fitri mendatang.

    “Kami sudah mengajukan tambahan kuota elpiji bersubsidi untuk persiapan Ramadan dan dilanjutkan untuk persiapan panen tembakau sebesar 10 persen,” katanya.

    Permintaan tambahan fakultatif tersebut sudah disampaikan sekitar satu bulan lalu karena juga untuk mengantisipasi peningkatan permintaan saat tradisi nyadran sebelum Ramadan.

    Meskipun permintaan tambahan itu belum ada balasan resmi dari Pertamina, namun berdasarkan informasi dari agen elpiji memang sudah ada tambahan pasokan.

    Rahma menyebut, untuk realisasi 2018, total pasokan elpiji tiga kilogram di Kabupaten Temanggung mencapai 6.914.000 tabung atau sekitar 20.000 tabung per hari.

    “Waktu nyadran kemarin tidak ada gejolak, karena sudah ada tambahan dari Pertamina, kita dapat info dari agen, cuma untuk persisnya berapa kita belum tahu kumulatifnya,” katanya.

    Artikel Menarik Lainnya :  Menilik Program Padat Karya Tunai Dana Desa di Tlogokotes Bagelen

    Ia berharap, dalam waktu dekat ini permintaan tambahan ini bisa disampaikan langsung kepada Pemkab Temanggung, sehingga pemerintah bisa semakin intensif memantau dan mengawasi peredaran atau distribusi tabung gas tiga kilogram.(set)