PDIP Tetap Jaya, PAN Gigit Jari

    MAGELANG SELATAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) diperkirakan menjadi partai pemenang dalam helatan pemilu legislatif di Kota Magelang. Perolehan suaranya pun bahkan melebihi pemilu tahun 2014 lalu, yang sudah menempatkan 7 kursi di DPRD Kota Magelang. Untuk tahun 2019 diprediksi partai berlambang banteng mentereng itu mendapatkan jatah 9 kursi wakil rakyat.

    Berdasarkan pengataman koran melalui laman KPU Kota Magelang bahwa komposisi 9 kursi ini terdiri dari dua kursi asal daerah pemilihan (Dapil) III Magelang Utara, empat kursi dari Dapil II Magelang Tengah, dan tiga kursi dari Dapil I Magelang Selatan. Sementara tiga parta lain, yakni PKS, Partai Golkar dan PKB masing-masing mendapat tiga kursi, di mana tiap dapil menyumbang satu kursi.

    Kejutan terjadi dari Partai Perindo. Partai baru tersebut diprediksi mampu menempatkan satu wakil rakyatnya di DPRD Kota Magelang dari Dapil 2. Sedangkan partai langganan sejak reformasi mampu mendudukan wakilnya di dewan kota, PAN, harus gigit jari.

    Partai berlambang matahari biru ini tidak mampu mendudukkan wakilnya, setelah periode lalu hanya mampu menempatkan satu wakil. Padahal sebelum 2014 lalu, PAN selalu punya langganan tiga kursi. Hal yang sama juga terjadi bagi Nasdem, yang tidak ada satupun wakilnya lolos di kursi dewan kota.

    Partai yang mampu mempertahankan kursi adalah Hanura. Mereka mampu merebut dua kursi, seperti tahun lalu melalui Dapil 3 dan Dapil 2. Bahkan salah satu calon legislatifnya, Tyas Anggraeny BP mampu merebut seuara terbanyak di Dapil 3, dengan 2.424 suara.

    ”Ini semua atas kerja keras semua. Semoga kami bisa amanah di kursi dewan,” ujar Tyas.

    Sementara itu, partai yang diprediksi berkurang kursinya adalah Partai Demokrat. Partai berlambang mercy ini hanya mampu meraup dua kursi melalui Dapil I dan II. Periode sebelumnya mampu meraih tiga kursi. Sedang Partai Gerindra diprediksi tetap mendapat dua kursi dari Dapil III Magelang Utara dan Dapil I Magelang Selatan. (wid)

    Prediksi Caleg yang akan Meraih Kursi DPRD Kota Magelang

    1. Dapil I Magelang Selatan (kuota 8 kursi) :

    PDIP :  Stin Sahyutri Soekisno, Iwan Soeradmoko, Joko Mei Budi

    PKS : Akhmad Tri Susilo

    Partai Demokrat : Waluyo

    PKB : Sallafudin

    Partai Golkar : Muh Haryadi

    Partai Gerindra : Hadiyono Nugroho

    1. Dapil II Magelang Tengah (kuota 10 kursi) :

    PDIP : Aji Setiawan, Evin Sapta Haryanto Kamil, Atang Kustiono, Nieke Corry Elza

    Partai Demokrat : Marjinugroho

    Partai Perindo : Saleh

    PKS : Imam Musaechoni

    PKB : Adi Chandra Pamungkas

    Partai Golkar : Ventje Jehezkiel

    Partai Hanura : HIR Jatmiko

    1. Dapil III Magelang Utara (kuota 7 kursi) :

    PDI-P : Budi Prayitno, Kevin Mahesa

    Golkar : Titik S Utami

    PKB : Imam

    Partai Hanura : Tyas Anggraeny Bekti Prasetyo

    PKS : Ahmad Widodo

    Partai Demokrat : Dian Mega Aryani