Tingkat Kehadiran PSU TPS 001 Masih Tinggi

Tingkat Kehadiran PSU TPS 001 Masih Tinggi
SURAT SUARA. Petugas KPPS saat menunjukkan surat suara pada PSU yang digelar di TPS 001 Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Sabtu (28/4) lalu.

//Jokowi-Ma’ruf Tetap Unggul//

MAGELANG TENGAH – Pemilihan suara ulang (PSU) di tempat pemungutan suara (TPS) 001 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang, telah digelar Sabtu (27/4). Hasilnya, pasangan 01 Jokowi-Maruf Amin tetap unggul di TPS tersebut dengan memperoleh 176 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 45 suara.

Animo pemilih di PSU saat ini memang tidak seramai 17 April lalu. Namun, antusiasme pemilih dirasa tetap tinggi, tercatat ada 232 yang hadir ke TPS dari total 280 daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPPS TPS 001 Kelurahan Magelang, Resqa Yudha mengatakan, jumlah pemilih yang hadir untuk mencoblos itu terbilang tinggi. Meski ada selisih kehadiran dibanding pencoblosan pertama, namun jumlahnya tidak terlalu besar.

”Saat 17 April lalu yang hadir 247 pemilih. Sekarang ada penurunan, sekitar 15 orang, tapi masih terbilang tinggi,” katanya.

Ia menyebutkan, 232 pemilih yang hadir itu, dua di antaranya merupakan daftar pemilih khusus (DPK). Mereka berdua merupakan warga setempat, dan mendapatkan surat suara setelah menunjukkan KTP elektronik.

Selain DPK, satu orang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Ketiga pemilih ini masing-masing mendapatkan lima surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten.

Dari pantauan di lapangan, terlihat warga antusias mengikuti PSU. Lokasi TPS pun dihias aneka benda seni, seperti gamelan, barongan, dan kuda lumping. Hal ini merupakan kreasi dari petugas KPPS setempat agar menambah suasana TPS makin meriah.

Meski tak lama, satu TPS yang PSU di Kota Magelang ini juga dikunjungi Kapolres Magelang Kota, AKBP Idham Mahdi beserta perwakilan dari Polda Jawa Tengah. Sesaat Idham berbincang dengan komisioner KPU serta anggota Bawaslu Kota Magelang tentang situasi dan kondisi selama PSU.

Terlihat pula sejumlah calon legislatif (caleg) DPRD Kota Magelang untuk Dapil 2 Kecamatan Magelang Tengah. Seperti dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan PSI. Turut hadir pula Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu beserta anggota.

Sementara itu, tepat pukul 13.00 WIB pemungutan suara ditutup. Selang setengah jam proses perhitungan dimulai dengan diawali menghitung surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP).

”Perolehan suara untuk PPWP, karena ini PPWP termasuk yang pertama kita hitung, pasangan 01 mendapat 176 suara, pasangan 02 meraih 45 suara. Adapun surat tidak sah sebanyak 11,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Sri Budi (54) mengaku antusias menggunakan hak pilihnya dalam PSU ini. Meskipun warga Kampung Tulung ini merasa repot harus meminta izin tempatnya bekerja untuk mencoblos beberapa saat.

”Sebenarnya mengganggu pekerjaan sih, karena harus izin. Meski begitu, saya tetap senang bisa mencoblos. Soal pilihan, saya masih tetap seperti pencoblosan yang pertama, tidak berubah sesuai hati nurani,” ungkap pekerja di RST dr Soejono Magelang itu. (wid)