PSU TPS 1 Bisa Ubah Posisi Caleg

    //Sejumlah Parpol Was-was//

    MAGELANG TENGAH– Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Kampung Tulung Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, yang dilaksanakan hari ini (26/4)  turut menentukan perolehan suara sejumlah calon legislatif (caleg) Dapil 2, Magelang Tengah. Di dapil ini kuota kursi anggota dewan sebanyak 10 kursi.

    Berdasarkan hasil perhitungan sementara, PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak untuk DPRD Kota Magelang, yakni sembilan kursi dengan komposisi dua kursi dari Dapil 3 Magelang Utara, empat kursi dari Dapil 2 Magelang Tengah, dan tiga dari Dapil 1 Magelang Selatan. Sementara tiga parta lain, yakni PKS, Partai Golkar, dan PKB masing-masing mendapat tiga kursi, di mana tiap dapil menyumbang satu kursi.

    Posisi Dapil 2 Magelang Tengah cukup menentukan, terlebih adanya PSU di TPS 1 Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, memiliki DPT sebanyak 280 pemilih. Pergeseran akan sangat mungkin terjadi sehingga caleg yang belum memiliki titik aman, nasibnya bisa saja dipertaruhkan pada PSU ini.

    Nama-nama yang disinyalir telah lolos berdasarkan perolehan suara di dapil II antara lain dari PDI Perjuangan yakni Aji Setyawan, Evin Sapta Haryanto Kamil, Atang Kustiono, dan Nieke Corry Elza. Sedangkan PKB menempatkan Adi Chandra Pamungkas, kemudian PKS Imam Musaechoni, Partai Demokrat menempatkan Marjinugroho. Selanjutnya dari Partai Hanura yaitu HIR Jatmiko, Partai Perindo Saleh Nahdi, dan Partai Golkar Ventje Jehezkiel.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang, Budi Prayitno mengakui bahwa pelaksanaan PSU di TPS 1 Kampung Tulung Kelurahan Magelang sangat menentukan.

    “Namanya juga diulang, pasti akan ada perubahan. Semoga tidak signifikan, karena di TPS tersebut kita (PDIP) menang, baik atas nama caleg maupun partai,” katanya.

    Budi menegaskan, pihaknya tetap akan memaksimalkan penuh kekuatan para simpatisan di Dapil 2 Magelang Tengah agar mampu meraup suara di TPS 1 Kampung Tulung.

    “Ya tetap harus itu, all out. Kalau hitungan suara total, PDI Perjuangan prediksi empat kursi iya, sampai pembagi ke-7 masih lebih banyak, dibanding dari partai lain yang total suaranya di pembagi ke-3. Partai lain untuk menggeser jatah kuota kursi ke 10-nya, untuk total suara partai masih jauh, sampai 100 suara,” jelasnya.

    Sementara Ketua DPD Partai Golkar Kota Magelang, Titik Utami, mengaku siap meraup suara di TPS 1 Kampung Tulung. Titik sendiri agak kecewa karena ada PSU di Dapil 2 Magelang Tengah, sehingga akan sedikit mengubah perolehan suara yang sebelumnya sudah didapat.

    “Iya sementara yang lolos di Dapil 2 Magelang Tengah adalah Ventje Jehezkiel. Harapannya PSU tersebut dapat kita raih tambahan suaranya,” ujarnya.

    Berbeda dengan Budi dan Titik, Ketua DPC PKB Kota Magelang, Sallafudin mengaku cukup mencemaskan pergeseran suara di Dapil 2 Magelang Tengah akibat adanya PSU. Meskipun partainya sudah pasti menempatkan tiga calonnya.”Alhamdulliah PKB diprediksikan dapat tiga kursi, naik dari perolehan sebelumnya yang hanya dua kursi. Semoga PSU besok kita dapat tambahan suara atau minimal perolehannya sama dengan pelaksanaan pungutan sebelumnya. Ya tidak berubah gitu,” paparnya.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Basmar Perianto Amron saat dikonfirmasi mengenai peluang pergeseran suara para caleg di Dapil 2 Magelang Tengah akibat pelaksanaan PSU mengaku tidak mengetahui secara persis. Pasalnya, pihaknya belum bisa memberikan data terkait dengan perolehan suara para caleg karena masih proses penghitungan. “Kalau dibilang menentukan, ya pastinya menentukan. Tapi seperti apa, saya kurang begitu paham. Biasanya para saksi parpol atau caleg, lebih memahami perolehan suaranya berapa, kurang berapa, mereka yang tahu,” tuturnya.

    Adanya PSU ini pun menjadi sorotan serius Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Magelang. Ketua Bawaslu, Endang Sri Rahayu bahkan siap menerjunkan kekuatan penuh guna meminimalisir dan mencegah indikasi pelanggaran di pemilu ulang Kampung Tulung.

    “Perebutan suara itu pasti dan terkadang kalangan menganggap kompetisi semakin mengecurut sehingga berpotensi adanya pelanggaran yang akan dilakukan. Tapi sebisa mungkin kami akan berupaya mencegah pelanggaran-pelanggaran, seperti money politics, dan lain sebagainya,” tandasnya. (wid)

    Nama-nama Caleg yang Kemungkinan Lolos di Dapil II :

    1. PDI Perjuangan (4 caleg) : Aji Setyawan, Evin Sapta Haryanto Kamil,                                                          Atang Kustiono dan Nieke Corry Elza
    2. PKB (1 caleg) : Adi Chandra Pamungkas
    3. PKS (1 caleg) : Imam Musaechoni
    4. Partai Demokrat (1 caleg) : Marjinugroho
    5. Partai Hanura (1 caleg) : HIR Jatmiko
    6. Partai Perindo (1 caleg) : Saleh Nahdi
    7. Partai Golkar (1 caleg) : Ventje Jehezkiel