11.962 Siswa SMP Sederajat Ikuti UNBK

11.962 Siswa SMP Sederajat Ikuti UNBK
DIDAMPINGI - Bupati Wonosobo didampingi Kepala Dikpora melakukan pemantauan secara langsung di tiga sekolah yaitu SMP N 1 Wonosobo, SMP N 2 Selomerto dan MTs Negeri Wonosobo.

WONOSOBO– sebanyak 11.962 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Wonosobo mengikuti ujian nasional kemarin. Pelaksanaan UN SMP/MTs pada Tahun Anggaran 2018/2019 sudah sepenuhnya dilaksanakan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penerapan iti ada di sejumlah 148 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 9297 siswa SMP dan 2665 MTs.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang juga Ketua Panitia UNBK, Drs. Mushofa MPd menyampaikan bahwa Ujian yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Wonosobo adalah Ujian Nasional SMP/MTs dan Nasional SD/MI yang pelaksanaannya tanggal 22 April 2019 sampai dengan 27 April 2019.

“ Ujian Nasional SD/MI menggunakan sistem USBN Berbasis Kertas dan Pensil, berbeda dengan ujian nasional SMP/MTs yang berbasis komputer,” katanya

Pelaksanaan UN SMP/MTs dilaksanakan dalam tiga hari mulai Senin, 22 April 2019 sampai dengan Kamis, 25 April 2019 yang masing-masing terbagi dalam tiga  sesi ujian setiap harinya. Bupati Wonosobo bersama  Kepala Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olah Raga dan para Kepala Bidang di Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olah Raga melakukan pemantauan secara langsung di 3 (tiga) sekolah yaitu SMP N 1 Wonosobo, SMP N 2 Selomerto dan MTs Negeri Wonosobo.

Sedangkan pemantauan untuk USBN SD/MI dilakukan oleh tim dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang berjumlah 70 (tujuh puluh orang) dan tersebar memantau untuk lebih dari 200 SD/MI di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo  mengatakan,  siswa harus mempersiapkan diri dengan baik dengan menambah waktu belajar dan selalu berdoa untuk keberhasilan semuanya. Bupati juga mengingatkan dan memberi semangat kepada siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Kepala sekolah dan panitia ujian nasional sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik khususnya hal-hal teknis mengingat pada tahun ini, SMP/MTs di Kabupaten Wonosobo sudah sepenuhnya menyelenggarakan ujian nasional dengan berbasis komputer,” pintanya.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Negeri 3 Magelang Gelar IHT Kurikulum Merdeka Belajar

Berkaitan dengan hal-hal teknis menjadi perlu mendapat perhatian penting diantaranya jaringan listrik, jaringan internet dan kemananan hardware dan software yang digunakan untuk UN.

Ujian nasional memiliki manfaat sebagai sarana pemetaan mutu program pendidikan satuan pendidikan, sebagai salah satu bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan dan hasil UN bisa dimanfaatkan sebagai dasar untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik dan satuan pendidikan di Kabupaten Wonosobo. (gus)