Pasukan Armed Magelang Dipulangkan

Pasukan Armed Magelang Dipulangkan
PULANG. Anggota Yon Armed 3/105Tarik Nagapakca Magelang menaiki angkutan yang akan membawanya kembali ke barak di Magelang setelah membantu pengamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Purworejo.

//Usai Bantu Amankan Pemilu Purworejo//
PURWOREJO – Sebanyak 50 pasukan TNI dari Yon Armed 3/105 Tarik Nagapakca Magelang akhirnya kembali ke barak setelah ditugaskan di Purworejo membantu pengamanan Pemilu 2019, Kamis (18/4). Puluhan personil tersebut mulai ditugaskan sejak sehari sebelum pemilu dilaksanakan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim mengungkapkan anggota yang diturunkan dari Armed 3 itu disiagakan sebagai pasukan pemukul untuk mendukung pengamanan Pemilu 2019 yang dilakukan Polres Purworejo. Selama di Purworejo mereka melakukan patroli di 3 wilayah serta disiagakan di Mapolres Purworejo.

“Pengamanan yang dilakukan dengan melakukan patroli di obyek vital di Purworejo. Selain itu ada 3 tim yang ditempatkan khusus di Bruno, Purwodadi dan Kutoarjo,” ungkap Muchlis, kemarin.

Menurutnya, pemilihan wilayah itu disesuaikan dengan kebutuhan dimana khusus wilayah Bruno menjadi titik terjauh dari Kota. Sedangkan Kutoarjo karena merupakan wilayah yang besar dan ramai sedangkan di Purwodadi karena wilayah perbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.

“Mereka bersenjata lengkap dan ada 20 orang yang disiagakan di Polres. Mereka akan diturunkan saat terjadi kericuhan dimana Polres maupun Brimob tidak mampu menangani. Tapi alhamdulillah pelaksanaan Pemilu di Purworejo berjalan aman dan lancar,” imbuh Dandim.

Jika anggota Armed 3 Nagapakca Magelang kembali ke barak, lain halnya dengan anggota Kodim 0708 Purworejo. Mereka masih akan bertugas hingga proses Pemilu di Purworejo usai.

Setidaknya pasca rekapitulasi hasil pemilu tingkat kabupaten yang diselenggarakan KPU Purworejo, anggota bisa mengakhirit tugas pengamanan Pemilu.

“Semua anggota harus tetap siaga. Besok (hari ini,red), anggota tetap kita apelkan untuk kesiapan kita,” katanya.

Dandim melihat proses Pemilu di Kabupaten Purworejo berjalan lancar dan aman. Ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dari semua lapisan. Tingkat pemahaman masyarakat amat baik dimana mereka amat peduli dengan keamanan dan pentingnya Pemilu.

“Masyarakat Purworejo sudah dewasa, Pemilu ini menjadi hajat besar bangsa yang harus didukung untuk menentukan pemimpin terbaik. Dan mereka sudah sangat paham sehingga turut serta menciptakan rasa aman di lingkungan mereka,” katanya.

Penyelenggara pemilu juga dinilai melakukan tugasnya dengan baik. Respon mereka, baik KPU maupun Bawaslu amat cepat sehingga tidak ada kendala berarti di lapangan saat dilakukan pemungutan hingga penghitungan suara. (luk)