Jokowi Unggul 77,74 Persen

Kotak suara dikembalikan
DIKEMBALIKAN. Kotak suara dikembalikan ke kecamatan setelah proses perhitungan di TPS selesai dilakukan, kemarin.

TEMANGGUNG – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meninggalkan paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Kabupaten Temanggung. Bahkan dari pantauan koran ini di Pemilu Pintar milik Komisi Pemilihan umum (KPU) Temanggung, pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin meninggalkan lawannya hingga 77,74 persen.

Data tabulasi perhitungan suara yang berdasarkan formulir C1 yang dimasukan oleh KPU setempat menunjukkan bahwa Jokowi mendapatkan 77,74 persen suara, sedangkan Prabowo Sandi memperoleh 19,63 suara dan suara tidak sah mencapai 2,63 persen.

Data yang masuk ke tabulasi suara milik KPU di Kabupaten penghasil tembakau ini terakhir diunggah pada 19 April pukul 11:34 WIB.

Kemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin ini dari suara di 858 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 2.475 TPS diseluruh Kabupaten Temanggung. Secara rinci Jokowi memperoleh suara sebanyak 137.861 suara atau 77,74 persen sedangkan Prabowo Sandi memperoleh 34.815 suara dan suara tidak sah sebanyak 4.658 suara.

Sementara itu di wilayah Kecamatan Kledung, Jokowi dan Ma’ruf Amin juga menjadi juara dengan memperoleh sebanyak 15.560 suara. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh sebanyak 2.543 suara, dan tidak sah sebanyak 655 suara. Perolehan suara tersebut dari surat suara sah dan tidak sah sebanyak 18.758 suara.

“Ini hasil perhitungan cepat yang kami lakukan pada malam hari pencoblosan kemarin, dasarnya dari C1 yang diperoleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di seluruh wilayah Kecamatan Kledung,” kata Komisioner Panwaslu Kecamatan Kledung Lasidi Slamet, Jumat (19/4).

Menurutnya, hasil perhitungan cepat ini sifatnya hanya sementara, dan kemungkinan masih bisa terjadi perubahan. Kendati demikian perubahan tersebut kemungkinan sangat kecil.

“Sifatnya masih sangat sementara, bisa berubah dan juga tidak berubah. Kalaupun ada perubahan paling tidak terlalu banyak,” terangnya.

Dikatakan, dari 13 desa yang ada di Kecamatan Kledung pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin mendominasi perolehan suara terbanyak, bahkan hampir disemua TPS juga memperoleh suara terbanyak.

“Di Kecamatan Kledung ada 85 TPS, Jokowi dan Ma’ruf Amin hampir menang semua TPS,” ujarnya.

Namun demikian lanjut Ahmat Arifin Komisioner Panwaslu Kecamatan Kledung lainnya, hasil perhitungan cepat perolehan suara pada pemilu ini belum bisa dijadikan patokan pasti, sebab masih ada rapat pleno terbuka perhitungan surat suara yang akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kledung.

“Memang hasilnya sudah bisa dilihat, tapi belum bisa dijadikan patokan pasti. Meskipun kami menggunakan C1 dalam perhitungan cepat ini,” tuturnya.

Hingga Jumat (19/4), pihaknya masih melakukan pengecekan hasil perhitungan suara untuk DPR-RI, DPD-RI, DPRD- Provinsi dan DPRD-Kabupaten.

“Perhitungan yang kami lakukan ini nantinya akan kami gunakan saat pelaksanaan rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan,” tandasnya.(set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here