Pesta Siaga hingga Tiga Minggu Kedepan

Pesta Siaga hingga Tiga Minggu Kedepan
TALI. Pramuka siaga bermain tali-temali di taman scouting skills.

WONOSOBO– Serangkaian pesta siaga tingkat kecamatan dilaksanakan Sabtu (23/2) sampai dengan tiga minggu kedepan. Kegiatan tesebut merupakan ajang seleksi terhadap barung Pramuka Siaga yang akan mewakili pesta siaga tingkat kabupaten pada 16 Maret 2019.
Pesta siaga tingkat kecamatan digelar di berbagai tempat, antara lain Kecamatan Wonosobo, Mojotengah, Kertek dan Wadaslintang pada Sabtu kemarin. Kwartir Ranting (Kwarran) Kejajar pada 27 Februari, Kwarran Leksono pada 28 Februari. Sabtu depan pada 2 Maret 2019 kegiatan seleksi akan dilakukan Kwarran Watumalang, Garung, Sukoharjo, Kaliwiro dan Kalibawang. Sedangkan Kwarran Kepil, Selomerto, Kalikajar dilaksanakan tanggal 9 Maret.
Dalam pesta siaga ini terbagi menjadi taman-taman bermain bagi Pramuka siaga. Antara lain ketakwaan dan toleransi beragama, tanda pengenal Pramuka, ketangkasan dan scouting skills. Ada pula kegiatan pentas budaya. Dalam kegiatan ini Pramuka Siaga menampilkan tari kreasi tradisional dari berbagai daerah. Taman Scouting Skills berisi pengetahuan kepramukaan tentang tali-temali, sandi, dan kompas.
Rohmat, panitia Pesta Siaga Kwarran Wonosobo, mengatakan jumlah barung yang mengikuti kegiatan 88 barung, setiap barung terdiri dari 10 orang pramuka siaga. Dari jumlah barung tersebut akan dipilih 2 barung putra dan 2 barung putri yang merupakan rangking terbaik untuk mewakili dalam pesta siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo.
“Hari ini akan diambil 2 terbaik putra dan 2 terbaik putri untuk mewakili Kwarran Wonosobo dalam Pesta Siaga tingkat Cabang,” ujar Rohmat.
Menurut Wakil Ketua Kwartir Cabang Wonosobo Bidang Binamuda, Sri Widiastuti, kegiatan Pesta Siaga adalah kegiatan rutin Pramuka Siaga yang berjenjang dari Kwarran , Kwarcab, Binwil dan kemudian Kwarda. Pesta Siaga tingkat Cabang rencananya akan dilaksanakan tanggal 16 Maret 2019. Harapannya proses seleksi di tingkat Kwarran dan Kwarcab bisa mendapatkan barung terbaik, yang bisa mewakili Kwarcab Wonosobo dalam ajang yang lebih tinggi.
“Kwarcab Wonosobo mengharapkan seleksi di tingkat ranting menghasilkan barung yang terbaik, yang bisa mewakili Wonosobo dalam Pesta Siaga di tingkat Binwil Kedu dan Kwarda Jateng,” ujarnya. (san)

Artikel Menarik Lainnya :  373 Siswa SMKN 3 Magelang Dilepas Secara Virtual