Komunitas Magelang Bersepeda Sumbang Parkir Portabel

Komunitas Magelang Bersepeda Sumbang Parkir Portabel
PARKIR SEPEDA. Dari hasil donasi yang dikumpulkan, Komunitas Magelang Bersepeda berhasil menyumbangkan satu titik tempat parkir sepeda portabel di kawasan Alun-alun Utara Kota Magelang, kemarin (15/2).

MAGELANG TENGAH – Olahraga sepeda kini semakin populer dengan terus bertambahnya jumlah pesepeda di jalanan. Ketika hari libur, jalan raya pun acap dipenuhi dengan alat transportasi tanpa polusi itu.

Selain murah meriah, olahraga sepeda seakan sudah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat yang ingin badannya sehat sekaligus ingin menikmati keindahan alam.

Seperti halnya di Kota Magelang, akhir pekan misalnya, menjadi waktu paling tepat untuk bersepeda. Pemerintah setempat pun dirasa sangat peduli terhadap para pecinta olahraga sepeda. Wujud kepedulian ini ditampakkan pemerintah dengan membangun jalur khusus pesepeda di Jalan Pahlawan, Jalan A Yani, Jalan Diponegoro, dan juga di area taman-taman kota.

Sayangnya, kendati fasilitas pesepeda terus dikembangkan, rupanya Kota Magelang belum sepenuhnya sempurna dan ramah bagi kalangan pecinta sepeda. Hal ini karena belum tersedia area parkir khusus sepeda. Terkadang, para pegowes ini hanya bisa memanfaatkan trotoar, area taman, dan lainnya ketika ingin beristirahat sejenak.

Kenyataan itu membuat Komunitas Bersepeda Magelang, berinisiasi menyumbangkan parkir portabel sepeda di kawasan Alun-alun Utara Kota Magelang. Alat ini sangat sederhana yaitu berupa papan berupa besi sepanjang 5 meter dilengkapi dengan besi melintang untuk menggantung jok sepeda ontel.

”Kami tempatkan di dekat area kuliner Tuin Van Java dengan harapan kami bisa berkontribusi untuk menambah daya jual Kota Magelang sebagai Kota Jasa,” kata Anggota Komunitas Magelang Bersepeda, Siska Sri Yoga, kepada wartawan, Jumat (15/2).

Ia tak menampik jika perhatian Pemkot Magelang terhadap berbagai komunitas sepeda sebenarnya sudah optimal, dibuktikan dengan jalur khusus sepeda, hingga pembangunan taman-taman yang akan menambah kesan mengasyikkan ketika pegowes melintas di Kota Magelang.

Menurut Yoga, sumbangan parkir sepeda portabel ini sangat sederhana dan bisa dipindah ke tempat lainnya. Dengan demikian, para pecinta sepeda kini tak usah kebingungan lagi bila hendak berhenti atau beristirahat sembari menikmati kuliner yang ada di Tuin Van Java.

”Kami membuat parkir portabel ini dari swadaya komunitas. Tidak ada batasan, misalnya dari komunitas lain ingin menggunakan (parkir portabel) diperbolehkan. Tidak harus dari Komunitas Magelang Bersepeda saja,” ucapnya.

Yoga dan anggota komunitas lainnya berharap, adanya sumbangan parkir portabel ini menambah jumlah pesepeda di Kota Sejuta Bunga. Seperti semua tahu, jika olahraga bersepeda selain menyehatkan juga ramah terhadap lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara.

”Dengan bersepeda kita akan semakin produktif, sehat, dan mengurangi pencemaran udara. Selain itu, bisa membangun mobilitas berkelanjutan pengurangan karbon,” tuturnya.

Yoga menambahkan, Komunitas Magelang Bersepeda sangat yakin bahwa selebar apapun jalan dilebarkan tanpa mengubah pola transportasi, kemacetan dan pencemaran lingkungan tetap berpotensi tinggi terjadi. Dampaknya adalah kesehatan masyarakat yang kian menurun.

”Namun, dengan bersepeda paling tidak kita bisa memulai untuk hidup sehat dan menjaga lingkungan dengan baik,” pungkasnya. (wid)