Eceng Gondok Picu Genangan di 4 Desa

Eceng Gondok Picu Genangan di 4 Desa
Ilustrasi eceng gondok

//Lintas Sektor Kerja Bakti Mulai Minggu//

GRABAG – Genangan air yang kerap terjadi di 4 desa di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo dipicu oleh banyaknya eceng gondok di sebagian besar saluran Sungai Lereng yang melintasi wilayah tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menggelar rapat koordinasi kebencanaan dengan fokus pembahasan utama mengenai hal itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Sutrisno, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Rakor telah digelar dengan melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di ruang Otonom Setda Purworejo pada Rabu (6/1). Dari pertemuan yang dipimpin Asisten I Setda Gentong Sumharjono itu disepakati proses pembersihan akan dilakukan mulai Minggu (10/2).

“Ada empat desa yang menjadi sasaran yakni Trimulyo, Rowodadi, Bendungan dan Langensari di Kecamatan Grabag,” kata Sutrisno, kemarin (7/2).

Pembersihan itu dilakukan dengan kerja bakti lintas sektor yang melibatkan BPBD, masyarakat, serta beberapa kelompok relawan. Rencananya, eceng gondok tidak sekadar dihanyutkan, melainkan juga diangkat dan dikumpulkan dalam satu tempat khusus.

Pembersihan enceng gondok juga menjadi tindak lanjut atas perhatian Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM. Saat melakukan tinjauan lapangan di Trimulyo beberapa waktu lalu, bupati memilih berhenti tepat di atas jembatan yang dilewati. Sepanjang saluran yang ada dipenuhi dengan eceng gondok dan dinilainya menjadi biang terjadinya genangan.

Menurut Sutrisno, eceng gondok memang menjadi sumber masalah. Pihaknya telah melakukan pendataan terhadap tanaman yang menutupi sebagian besar saluran Sungai Lereng yang melintasi empat desa tersebut.

Pihak desa juga telah diminta menyiapkan tempat untuk menempatkan enceng gondok yang diangkat. Diharapkan nantinya, tanaman tersebut akan diolah menjadi pupuk.

“Jadi kita sepakati untuk melakukan pembersihan eceng gondok itu dulu. Selanjutkan akan kita koordinasikan dengan BBWSO untuk dilakukan pengerukan,” ungkapnya. (top)

Foto ilustrasi. BERSIHKAN. Sejumlah warga berusaha membersihkan tanaman enceng gondok di sepanjang Sungai Lereng yang ditengarai menjadi penyebab genangan di 4 Desa Kecamatan Grabag, kemarin.