Tumbuhkan Toleransi Antar Pemeluk Agama

Tumbuhkan Toleransi Antar Pemeluk Agama
KERJA BAKTI. Jajaran Polres Magelang dalam kerja bakti bersih bersih tempat ibadah Pura Wira Buana.

MERTOYUDAN – Satgas Kemitraan dan Satgas Nusantara 2019 Polres Magelang gelar kegiatan kerja bakti membersihkan tempat ibadah. Hal ini guna menumbuhkan rasa toleransi antar pemeluk agama.

Minggu (3/2), jajaran Polres Magelang, kerja bakti bersihkan Pura Wira Buana, Banyurojo Mertoyudan Magelang, bersama jamaah Pura.

Kabag Op Polres Magelang, Kompol Ngadiso, mengatakan selain untuk menumbuhkan rasa toleransi antar pemeluk agama, kegiatan tersebut juga sebagai cooling sistyem ditengah panasnya suasana politik menjelang pemilu.

“Kita berusaha menumbuhkan suasana toleransi dan kepedulian sesama warga negara Indonesia.  Terlebih ini akan menghadapi pelaksanaan pemilu 2019, dimana diharapkan dapat dilaksanakan secara aman dan damai,” ucap Kompol Ngadiso.

Kompol Ngadiso menjelaskan, selain Pura Wira Buana, sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Masjid An Nur Sawitan dan Gereja ST Antonius Santo Petrus Muntilan.

“Di tempat ibadah lainnya juga telah kita laksanakan, dengan demikian kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengaruh saling menghargai antar umat beragama,” tandas Kompol Ngadiso.

Sementara itu Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Magelang,  I Gede Suarti, mengungkapkan terimakasih atas kegiatan tersebut, dimana pihak Pura Wira Buana sangat terbantu atas kegiatan kerja bakti tersebut.

“Terima kasih atas kepedulian dari jajaran Polres Magelang telah melakukan kegiatan kerja bakti ini di Pura kami. Para jamaah Pura juga turut bekerja bakti membersihkan Pura. Ini merupakan kegiatan kali pertama, dan harapannya dapat berlanjut kedepannya,”  tutur Gede.

Pura Wira Buana dibawah pengelolaan Akmil yang dibangun pada tahun 1973 saat ini mempunyai jama’ah 76 kepala keluarga.(cha)