2 Tahun Vakum, Persani Temanggung Kembali Gelar Kejurkab Senam Pelajar

2 Tahun Vakum, Persani Temanggung Kembali Gelar Kejurkab Senam Pelajar
Para atlet pelajar tengah mengikuti kompetisi bertajuk Kejurkab Senam Aerobik dan Gimnastik di GOR Bambu Runcing Temanggung. Foto: rizal ifan chanaris.
TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Setelah hampir dua tahun vakum dari berbagai agenda kegiatan akibat dari pandemi Covid-19, Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kabupaten Temanggung akhirnya kembali menggelar even kejuaraan.
Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Dindikpora) dan Koni Temanggung, mereka menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) senam untuk jenis aerobik gimnastik dan artistik gimnastik tahun 2022  yang diselenggarakan selama satu hari, yakni Rabu (2/3), di Tennis Indoor GOR Bambu Runcing Temanggung.
Ketua Persani Kabupaten Temanggung, Asep Satria Dwi, mengungkapkan, Kejurkab tahun 2022 ini diikuti oleh sedikitnya 33 atlet yang masih berstatus sebagai pelajar dan memperlombakan dua kategori yaitu aerobik gimnastik dan artistik gimnastik baik putra maupun putri.
Lanjutnya, khusus untuk artistik gimnastik putri dibagi menjadi tiga alat yaitu lantai, balance beam, dan meja. Sedangkan untuk artistik gimnastik putra juga terbagi dalam tiga alat yaitu palang sejajar, lantai, dan meja.
“Tujuan kejuaraan ini adalah untuk lebih mensosialisasikan atau memasyarakatkan olahraga senam khususnya aerobik dan gimnastik, sehingga akan semakin banyak bibit-bibit baru bermunculan dan siap menorehkan prestasi bagi Temanggung. Selain itu, ini juga menjadi ajang aktualisasi kegiatan yang sempat terhenti karena faktor pandemi,” ujarnya.
Asep mengakui jika saat ini animo warga untuk menggeluti cabor senam  aerobik dan gimnastik masih sangat kurang. Terlebih lagi adanya pandemi dianggap sebagai penghambat Persani untuk memasyarakatkan senam, khususnya di tingkat pelajar.
“Kami akan terus bekerjasama dengan KONI dan Dindikpora agar olahraga senam aerobik dan gimnastik bisa lebih banyak digemari masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dindikpora Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo menyampaikan, pihaknya mengapresiasi tinggi kepada Persani maupun Koni Temanggung yang telah menyelenggarakan kejurkab di tahun 2022 meski sempat terhenti beberapa saat lalu.
Agus menambahkan, dengan penyelenggaraan  even secara tatap muka ini tentunya akan lebih membuat semangat para atlet kembali muncul. Paslanya, dengan semangat yang tinggi pihaknya berharap akan muncul atlet-atlet muda yang potensial di cabang olahraga senam.
“Semakin banyak penyelenggaraan even semacam ini, akan semakin banyak pula potensi atlet yang bisa berpresatasi, baik kancah nasional bahkan internasional,” harapnya.
Sekretaris Koni Kabupaten Temanggung, Budi Leksono menyebut, kejurkab kali ini juga diklaim menjadi ajang seleksi Praporprov 2023 untuk cabor senam aerobic dan artistik. Sehingga hasilnya akan terjaring atlet yang potensial untuk memperoleh medali di ajang tersebut.
“Optimisme kami di kejuaraan senam baik di dalam dan luar Jateng sangat tinggi mengingat atlet senam asal Kabupaten Temanggung selalu membawa pulang medali,” pungkasnya. (riz)