2 CCTV Sudah Aktif dan 5 Kamera di Helm Petugas, Polres Magelang Kota Siap Jalankan Program ETLE

2 CCTV Sudah Aktif dan 5 Kamera di Helm Petugas, Polres Magelang Kota Siap Jalankan Program ETLE

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasiona resmi di launcing oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa (23/3) secara virtual. Ada 12 Polda siap menjalankan tilang elektronik, termasuk Jawa Tengah. Polres Magelang Kota yang masuk dalam wilayah hukum Polda Jateng turut melaksanakan program tersebut. Proses sosialisasi sudah dilaksanakan sebelumnya sebelum program ETLE ini diresmikan. “Sosialisasi sudah dilaksanakan dengan memasang barner saat ketaatan masyarakat melakukan mematuhi prokes dan sekaligus penerapan tilang elektronik ini,”ungkap Plt Kapolres Magelang Kota, AKBP R. Fidelis Purba Timoranto saat ditemui awak media usai acara launcing ETLE secara virtual.

Kapolres menambahkan sudah ada 2 titik kamera CCTV yang terpasang dan aktif melakukan perekaman jika ada pengendara kendaraan yang melakukan pelanggaran. “Dalam waktu dekat dengan berkerjasama dengan Dinas Perhubungan, kami akan perbanyak lagi titik CCTV menjadi 9 titik yang diletakan di perempatan wilayah Kota Magelang,”jelas Kapolres.

Program ini akan membatasi bertemunya petugas dengan pelanggar lalu lintas, lanjut Fidelis, memang kondisi Covid-19 polisi dibatasi bertemu dengan pelanggar untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Tujuan utama dari ETLE sangat bermanfaat untuk kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib belalu lintas, jadi apabila ada masyarakat yang sengaja melanggar bisa mengurunkan niatnya. “Selain untuk menangkap para pelanggar lalu lintas pemasangan CCTV ini juga dapat membantu pengungkapan tindak pidana kasus kejahatan lain,”tambahnya.
Selain melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk pemasangan kamera, dalam mendukung program ELTE ini juga bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam pengiriman dokumen bukti surat teguran kepada pelanggar. Tidak hanya kamera CCTV saja yang dipasang di perempatan tapi pemasangan kamera juga dilakukan di helm-helm petugas lalu lintas yang melakukan patroli.
Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Sugito menambahkan helm yang dilengkapi kamera atau disebut kamera kopek ini sudah ada 5 buah untuk melakukan perekaman data pelanggar yang siap diinput oleh komputer. “Kamera kopek ini juga di-launcing bersamaan dengan program ETLE. Helm adalah program dari Polda Jateng untuk membantu petugas saat patroli sehingga meminimalisir adanya pertemuan antara perugas dan pelanggar. “Setelah adanya launcing, kami akan terus lakukan uji coba . Semoga dengan diluncurkannya program ETLE ini kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas meningkat,”tambahnya. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Hari Pertama PTM, Siswa SMP Mutual Langsung Ujian