2.417 Santri Ramaikan Lomba Kemah Pramuka di Darul Amanah

0
338
Lomba Kemah Pramuka di Darul Amanah
TINJAU - Wakil Ketua Kwarda Pramuka Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, didampingi Pengasuh Ponpes Darul Amanah Sukorejo, KH Masud Abdul Qodir, meninjau perkemahan santri putra di lapangan Darul Amanah.

KENDAL – Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo menggelar kegiatan Lomba Kemah Pramuka Khutbatul Arsy ke-VIII. Kegiatan dibuka Wakil Ketua Kwarda Pramuka Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko. Kegiatan itu diikuti sebanyak 2.417 santri.

Sujarwanto mengapresiasi kegiatan lomba kemah yang menjadi giat rutin tahunan di Darul Amanah. Pelaksanaannya kali ini adalah tahun ke delapan. Hal itu menunjukkan gerakan pramuka di pesantren berjalan dengan baik. “Ini tentu luar biasa, karena diikuti 2.479 santri aktif pramuka. Pembinaan pramuka di pondok ini merata,” katanya, Kamis (5/9).

Menurutnya, pramuka membentuk karakter manusia sejak usia dini. Kegiatan pramuka mulai dilakukan di tingkat SD hingga perguruan tinggi. Mereka diajarkan membentuk karakter, kecapakan diri, dan wawasan kebangsaan. “Pramuka itu mendidik generasi muda agar bermanfaat di masyarakat,” imbuhnya.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah Sukorejo, KH Masud Abdul Qodir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Porseka ke-26 dan Khutbatul Arsy ke-29. Lomba Kemah Pramuka itu sebagai sarana mempererat ukhuwah Islamiyah di antara para santri dalam mengembangkan sikap iman dan wawasan kebangsaan. “Selain itu juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui gerakan pramuka untuk membangun diri dan potensi diri,” ungkapnya.

Kegiatan pramuka merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti santri di ponpes tersebut. “Lomba kemah ini digelar dua hari, Kamis sampai Jumat (5-6/9). Santri putra kemah di lapangan atas dan santri putri di lapangan Darussalam yang ada di lingkungan pondok. Berbagai lomba juga disiapkan,” terangnya. (lid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here