17.639 Pekerja Swasta di Temanggung Telah Divaksin Covid-19

VAKSIN. Sejumlah pekerja sedang menjalani vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
VAKSIN. Sejumlah pekerja sedang menjalani vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung terus menggenjot vaksinasi untuk pekerja di sektor swasta. Hingga saat ini tercatat 74 persen tenaga kerja sudah disuntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung Agus Sarwono menyebutkan, jumlah tenaga kerja dari sektor perusahaan swasta di Temanggung tercatat sebanyak 23.666 tenaga kerja. Dari jumlah tersebut sebanyak 17.639 orang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

“Kira-kira sudah 74 persen tenaga kerja yang mendapatkan vaksin Covid-19,” jelasnya, Senin (13/9).

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kerja ini dilakukan secara bertahap, tempat pelaksanaan vaksin sendiri tidak sama. Bahkan sejumlah tenaga kerja berusaha mencari pelayanan vaksin secara mandiri.

“Tidak hanya di Temanggung saja, ada tenaga kerja yang mengikuti vaksin Covid-19 di Semarang, Magelang dan sejumlah daerah lainnya,” jelasnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap para tenaga kerja ini, pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan Temanggung, dengan harapan semua tenaga kerja bisa lebih cepat mendapatkan vaksin.

“Ada pekerja mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan TNI di luar daerah Temanggung, kami kerja sama dengan RST di Salatiga. Mereka juga ada yang mengikuti vaksinasi di Semarang, karena memang kebutuhan mendesak dan perusahaan di Temanggung ini belum ada yang menyelenggarakan vaksinasi kemudian mereka mencari peluang di luar kota,” jelas Agus.

Menurut Agus, tingkat kesadaran pekerja untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi karena memang perusahaan sendiri juga tidak mau ambil risiko. Semua peluang untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dicoba oleh para tenaga kerja di Temanggung.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kerja ini terus dilakukan, pada awal September 2021 sebanyak 17.639 tenaga kerja sudah divaksin dan sisanya 3.914 orang belum divaksin terus mengikuti berbagai kesempatan penyelenggaraan vaksinasi.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasihan Petani! Puncak Panen, Harga Tembakau di Temanggung Masih Rendah

“Perkiraan sampai minggu kedua bulan September 2021 sudah mendekati angka 19.000 tenaga kerja yang sudah divaksin,” katanya.

Sehubungan PPKM di Temanggung sekarang sudah masuk level 2, maka pihaknya menyampaikan terima kasih kapada para pimpinan perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengikuti vaksinasi.

“Dengan adanya kelongaran waktu yang diberikan oleh perusahaan maka pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan cepat,” tutupnya. (set)