16 Tim Sepakbola Ramaikan Ajang Walikota Magelang Cup 2021

Tanda pembukaan Walikota Magelang Cup 2021, digelar pertandingan persahabatan antara tim Pemkot Magelang melawan tim Polres Magelang Kota di Stadion Moch Soebroto, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
PERSAHABATAN. Tanda pembukaan Walikota Magelang Cup 2021, digelar pertandingan persahabatan antara tim Pemkot Magelang melawan tim Polres Magelang Kota di Stadion Moch Soebroto, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Magelang menggelar kompetisi sepakbola bertajuk Walikota Cup 2021 di Stadion Moch Soebroto. Kompetisi dengan hadiah total senilai Rp40 juta tersebut melibatkan 16 tim yang akan berlangsung 16 November-6 Desember 2021.

Pembukaan laga ditandai dengan pertandingan eksibisi antara Pemkot Magelang melawan Polres Magelang Kota, Senin (15/11). Turut menjadi pemain, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Wakil Walikota KH M Mansyur, Sekda yang juga Ketua Askot PSSI Kota Magelang, Joko Budiyono, dan pejabat Pemkot lainnya.

Walikota Magelang dr Aziz mengatakan, kompetisi ini sebagai pintu untuk mempersiapkan prestasi sepakbola di Kota Magelang. Dia berharap, perjalanan prestasi sepakbola semakin baik dan meningkat.

”Di kompetisi ini, kita tidak cari siapa yang menang siapa yang kalah, tapi bagaimana bersikap dan beretika dalam permainan yang sportif. Jangan emosi, tapi gunakan strategis yang baik untuk memenangkan permainan,” katanya.

Ketua Askot PSSI Kota Magelang, Joko Budiyono mengutarakan, kompetisi ini mengusung visi meningkatkan kualitas tim atau klub untuk menuju sepakbola skala nasional yang bermartabat. Tentunya dengan memastikan sistem dan tata kelola sepakbola modern.

”Endingnya, kita ingin sistem pertandingan yang terstruktur dan kompetitif dengan didukung regulasi yang baik, konsisten, dan rasional. Lalu, peningkatan ketaatan tim terhadap regulasi, tim bertanding dalam jumlah pertandingan dan durasi ideal, dan peningkatan kualitas pertandingan serta kualitas manajemen tim,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kompetisi, Sutikno menambahkan, 16 tim yang turut dalam kompetisi ini bakal menggelar laga di tiga lapangan berbeda. Ketiga lapangan tersebut antara lain kompleks SMA Negeri 5 Magelang, Stadion Abu Bakrin, dan Stadion Moch Soebroto.

Artikel Menarik Lainnya :  Toprak Razgatlıoğlu Juara Dunia World Superbike 2021, Raih Gelar di Indonesia!

”Untuk babak semifinal dan final akan dilaksanakan di Stadion Moch Soebroto. Pelaksanaannya pada setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dari tanggal 16 November sampai 6 Desember 2021. Dalam sehari ada dua pertandingan, yakni pagi dan sore hari,” paparnya.

Ia menyebutkan, pendaftaran peserta sudah dilakukan sejak bulan Oktober lalu. Peserta adalah dari klub binaan Askot PSSI Kota Magelang dengan usia di bawah 20 tahun.

Adapun ke-16 tim yang berlaga antara lain PS Barito, PS Porpa, PS PPOP, PS Guyup Rukun, PS Persaden FC, PS Wajar, PS FBI, PS Aremag, PS Putra Harapan, PS Armando, PS D&D, PS Puspa, PS BFC Bogeman, PS Duta Panama, PS Ster, dan PS Ekadanta.

”Total hadiahnya Rp40 juta. Juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp12,5 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp7,5 juta, juara 4 Rp5 juta, dan 3 tim yang tidak masuk 4 besar mendapatkan masing-masing Rp1.250.000. Ada pula trofi untuk pemenang,” ungkapnya. (wid)