16 Sekolah Terpapar Covid-19, PTM Terbatas di Kota Magelang Dihentikan Selama 14 Hari

Ilustrasi
Ilustrasi

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM-Enam belas sekolah di Kota Magelang terpapar Covid-19. Mencegah penularan yang semakin luas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang akan menghentikan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Plt Kepala Disdikbud Kota Magelang Papa Riyadi mengatakan, diputuskan penghentian PTM dipicu naiknya tren Covid-19 dan munculnya penularan di lingkungan pendidikan.

Sekolah yang terpapar yakni 8 SD, 7 SMP dan 1 TK. “Sebenarnya, kalau mengikuti aturan dari SKB 4 Menteri, Kota Magelang masih bisa melanjutkan pelaksanaan PTM terbatas. Karena, kasus konfirmasi penularan termasuk sedikit satu atau dua orang, belum klaster. Namun, melihat kondisi seperti ini, kami putuskan harus menghentikan (PTM terbatas),” ucapnya .

Ia menambahkan, adapun rencana penghentian PTM terbatas seluruh sekolah di Kota Magelang akan dilakukan pada 22 Februari- 6 Maret 2022 mendatang dan dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) Sebelumnya, sekolah yang terpapar Covid-19 juga sudah diberhentikan dari aktivitas PTM.

“Sebenarnya sekolah yang terpapar sudah diberlakukan PPJ, selama 14 hari. Namun, melihat sudah banyaknya sekolah terpapar, kami pun memutuskan akan menghentikan PTM dialihkan menjadi PJJ untuk seluruh jenjang pendidikan. Harapannya, nanti semua bisa tuntas dulu (penularan di sekolah),” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan PTM kembali tetap akan mengikuti perkembangan kondisi Covid-19. Serta, status level pemberlakuan masa pembatasan di Kota Magelang.
“Untuk tanggal 7 Maret setelah PJJ, tetap melihat perkembangan kasusnya. Kalau, semakin membaik bisa diberlakukan PTM kembali atau bisa digabung PTM dan PJJ,” ucapnya. (hen)