16 Ibu Hamil Meninggal Karena Covid-19

TINJAU VAKSINASI - Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Wynne Frederica tinjau pelaksanaan vaksinasi saat encananan vaksinasi untuk Ibu hamil di Puskesmas Kendal II, Kelurahan Karangsari. (Foto Radar Kendal)
TINJAU VAKSINASI - Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Wynne Frederica tinjau pelaksanaan vaksinasi saat encananan vaksinasi untuk Ibu hamil di Puskesmas Kendal II, Kelurahan Karangsari. (Foto Radar Kendal)

KENDAL, MAGELANGEKSPRES.COM – Total kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal sampai tanggal 15 September 2021 mencapai 16.303 kasus. Dari jumlah tersebut, yang meninggal ada 900 orang atau dengan angka Case Fatality Rate (CFR) 5,5%. Sedangkan kematian karena Covid-19 pada ibu hamil ada sebanyak 16 kasus.

“Salah satu upaya pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 adalah dengan vaksinasi. Capaian vaksinansi bagi Ibu hamil sampai sekarang ini yang sudah tervaksin baru 1.681 orang atau 38,79% dari jumlah sasaran sebanyak 4.334 ibu hamil di Kabupaten Kendal. Ibu hamil rentan terpapar, sehingga diperlukan upaya bersama seluruh pihak dalam mempercepat dan memprioritaskan vaksinasi untuk ibu hamil,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto,saat pencanangan vaksinasi untuk ibu hamil, Kamis (16/9/2021), di Puskesmas Kendal II, Kelurahan Karangsari.

Dalam kesempatan tersebut, ada sebanyak 70 ibu hamil yang mengikuti vaksinasi. Pencanangan tersebut diprakarsai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupten Kendal.

Pemerintah Kabupaten Kendal mendukung program pencanangan vaksinasi sehingga seluruh warga Kabupaten Kendal bisa tervaksin seluruhnya, khususnya ibu hamil. Karena program vaksinasi ini adalah ikhtiar bersama dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari paparan Covid-19. Karena itu perlu dilakukan percepatan vaksinasi agar kekebalan komunal di daerah bisa segera terwujud.

“Mari kita sukseskan percepatan vaksin di Kabupaten Kendal, takuti virusnya jangan takuti vaksinnya. Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta seluruh masyarakat Kendal khususnya Ibu hamil bisa tervaksin semua,” ungkap Dico Ganinduto.

Bupati pun menyatakan rasa syukurnya bahwa proses pelaksanaan vaksinasi terhadap para ibu hamil berjalan dengan baik dan lancar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu hamil peserta vaksinasi yang telah bersedia datang untuk divaksin, guna menjaga kesehatan dan meningkatkan imun bagi dirinya maupun anak yang didalam kandungannya.

Artikel Menarik Lainnya :  Catat! Tempat Isoter di Kota Magelang Mulai Ditutup, Kasus Covid-19 Melandai

“Alhamdulillah, program vaksinasi bisa diberikan kepada ibu hamil. Ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19 bagi Ibu hamil,” ucapnya.

Dico memastikan vaksinasi bagi ibu hamil aman dan halal serta dapat memberikan perlindungan bagi ibu hamil dan bayi, serta memberikan rasa aman selama masa kehamilan hingga persalinan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupten Kendal, Wynne Frederica (Chaca)mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kendal dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal yang terus mendukung kegiatan PKK dalam mendapingi para ibu hamil di Kabupaten Kendal, terutama dalam pencanangan vaksinasi bagi para ibu hamil dan penanganan stunting, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Chaca berpesan kepada para ibu hamil agar tidak takut untuk divaksin. “Pesan saya kepada para Ibu hamil jangan takut divaksin, karena vaksinasi aman dan halal,” katanya.

Adiati, salah satu ibu hamil peserta vaksinasi asal Kelurahan Balok, mengaku senang dan lebih tenang bisa divaksin. Karena ibu hamil rentan terpapar Covid-19. “Dengan vaksinasi ini saya tidak takut, malah merasa senang karena akan mendapat kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19,” tukasnya. (lid)