150 Drumband Semarakan Kajen Gemuruh

0
341
Semarakan Kajen Gemuruh
KAJEN GEMURUH - Pemkab Pekalongan menyelenggarakan even tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 tahun, yakni Kajen Gemuruh Tahun 2019 di Alun-alun Kajen, 

KAJEN – Ratusan grub drumband dari tingkat TK hingga SMP sederajat di Kabupaten Pekalongan menyemarakan Kajen Gemuruh Ke-6 Kabupaten Pekalongan Tahun 2019 di Alun-alun Kota Kajen, Selasa (20/8) siang. Kajen Gemuruh ini diselenggarakan untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 tahun.
Ketua panitia, Ali Reza, mengatakan, Kajen Gemuruh tahun 2019 merupakan penyelenggaraan Kajen Gemuruh yang keenam. Dikatakan, seperti awal pelaksanaan, Kajen Gemuruh ini untuk memberikan ruang berekspresi kepada grup-grup drumband yang ada di Kabupaten Pekalongan. “Ini even tahunan yang diselenggarakan untuk mereka,” katanya.
Diterangkan, peserta Kajen Gemuruh keenam ini diikuti oleh 150 grup drumband, terdiri dari 55 grup TK/RA, 70 grup SD/MI, dan 25 grup SMP/MTs. “Mereka menyiapkan diri, mereka antusias mulai dari persiapan, teknikal meeting, hingga pelaksaan hari ini. Sejak jam 11.00 WIB (acara jam 16.00 WIB) mereka ada yang sudah datang. Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 tahun,” terang Ali Reza, yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra ini.
Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti saat membuka kegiatan itu menyatakan, kegiatan semacam ini jangan hanya dimaknai sebagai acara rutin daerah, namun jauh yang lebih penting adalah semangat dalam rangka merajut persatuan dan kesatuan yang tinggi. Dikatakan, meskipun para peserta yang hadir dari berbagai unsur tapi dalam memainkan berbagai macam alat musik menjadi satu kesatuan yang selaras. “Mudah-mudahan di tahun depan ada inovasi, sehingga acara ini tidak monoton dari tahun ke tahun,” harapannya.
Dikatakan, negara Indonesia adalah negara yang besar dan memiliki kekuatan budaya yang beragam. Sehingga dapat mewarnai peradaban dunia dan kesejajaran dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan internasional. Menurutnya, kemajemukan dan pluralitas bangsa Indonesia harus dikelola secara baik dan harus dipertahankan dengan cara memelihara, melindungi, dan mengembangkan budaya yang ada di Indonesia, terutama di daerah-daerah. “Salah satunya seperti yang sedang kita laksanakan, yaitu Kajen Gemuruh keenam Kabupaten Pekalongan tahun 2019 ini. Ayo mari kita mengambil peran dalam pembangunan bangsa ini melalui keahlian kita masing-masing,” ajaknya.
Kajen Gemuruh 2019 kemarin membuat Kota Kajen bergemuruh dengan alunan alat-alat musik drumband dari ratusan peserta yang mengikuti kegiatan itu. Ribuan warga pun tampak antusias menyaksikan even tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan. Meskipun cuaca cukup terik, tak menyurutkan peserta dan warga untuk memeriahkan kegiatan tersebut. (ap5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here