14 Qari Khatam Alquran, 41 Anak Yatim Terima Santunan

0
193
14 Qari Khatam Alquran, 41 Anak Yatim Terima Santunan
SANTUNAN. Sebanyak 41 anak yatim menerima santunan di Rutan Kelas II B Purworejo, 

PURWOREJO- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Purworejo mengisi Bulan Muharam dengan kegiatan keagamaan Khatmil Quran dan pengajian serta santunan anak yatim. Kegiatan berlangsung di aula Rutan setempat diikuti ratusan warga binaan,  Selasa (10/9).

Ada sebanyak 14 orang qari pelaksana khatam Alquran dan 41 anak yatim penerima santunan. Bilangan yang dipilih untuk jumlah tersebut sekaligus melambangkan tahun baru Islam 1441 Hijriah.

Kepala Rutan Purworejo, Lukman Agung Widodo, mengungkapkan bahwa selama ini kegiatan keagamaan, khususnya agama Islam, telah berjalan dengan baik di Rutan Purworejo. Di antaranya aktivitas pengajian secara rutin. Program itu diharapkan dapat menjadi bekal bagi warga binaan saat kembali hidup bermasyarakat.

“Di rutan ini banyak aktivitas pengajian yang dilakukan oleh warga binaan. Hari ini kita sekaligus menambah rasa syukur karena telah dipertemukan dengan tahun baru Islam ini sebagai bulan kasih sayang terhadap sesama,” ungkapnya.

Acara bertajuk “Membantu Sesama untuk Negeri” berlangsung khidmat dihadiri perwakilan dari Polres, Kodim, tokoh masyarakat, ulama, dan warga sekitar. Sebagai penceramah tampak hadir Kang Mamat atau yang akrab dikenal dengan Kiai Merah.

Dalam tausiyahnya, Kiai Merah menjelaskan banyaknya fadilah membaca Alquran.

“Fadilahnya ketika kita membaca Alquran dapat melancarkan rezeki dan dapat menjadi obat baik jasmani maupun rohani,” katanya.

Di bagian lain, Kiai Merah juga menegaskan banyaknya fadilah  menyantuni anak yatim. Tidak hanya pada tanggal 10 Muharram, melainkan juga pada hari-hari lainnya.

“Tidak harus tanggal 10, menyantuni dapat dilakukan setiap hari bahkan Nabi bersabda tentang  anak yatim yang menjadi tanggungan Rasulullah,” tegasnya. (top)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here