136 Warga Binaan Rutan Divaksin Covid-19

VAKSIN. Warga binaan di Rutan Kelas II B Temangggung sedang menjalani vaksinasi Covid-19. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
VAKSIN. Warga binaan di Rutan Kelas II B Temangggung sedang menjalani vaksinasi Covid-19. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebanyak 136 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Temanggung mendapatkan jatah giliran vaksinasi Covid-19, Rabu (4/8).

KOmandan Kodim 0706 Temanggung Letkol CZI Kurniawan Hartanto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat ini dilakukan dengan cara jemput bola. Upaya ini untuk mencegah adanya kerumunan saat dilakukan vaksinasi.

Apalagi katanya, warga binaan di Rutan tidak mungkin untuk keluar untuk vaksinasi, sehingga langkah ini ditempuh agar semua lapisan masayarakat bisa mendaptkan vaksin Covid-19.

“Sekarang sasaran vaksin sudah untuk masyarakat umum, jadi pelaksanaanya memang harus dilakukan dengan cepat,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya bekerjasama dengan DInas Kesehatan dan Rutan Temanggung.

Sebelumnya kata Dandim, dalam serbuan vaksin terpadu ini, pihaknya mendatangi umat di Gereja Kristen Indonesia (GKI). Selain itu sejumlah komunitas juga sudah didatangi untuk vaksinasi.

“Sekarang ke rutan, dan besok ke lokasi lainnya dalam upaya jemput bola pelaksanaan vaksinasi. Karena kalau dengan komunitas ini kami mendekat ke masyarakat dan masyarakat lebih antusias dari pada harus datang ke Kodim ramai-ramai nanti malah menimbulkan kerumunan,” katanya.

Dikatakan, kondisi masyarakat saat ini sudah berbeda dengan beberapa waktu lalu. Tingkat kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi sudah cukup tinggi, sehingga banyak dari komunitas masyarakat yang mengajukan vaksinasi di Kodim 0706 Temanggung.

“Di awal vaksin memang ada sejumlah masyarakat yang menolak, namun saat ini keadaanya sudah terbalik, masyarakat sudah sangat antusias untuk divaksin,” jelasnya.

Dalam program serbuan vaksin terpadu yang dilakukan Kodim Temanggung telah disalurkan sekitar 9.700 vaksin dosis pertama.

“Hari ini habis untuk vaksin dosis pertama, minggu depan kami melakukan vaksin dosis kedua,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi di Rutan ini berjalan dengan baik. Hanya saja ada sejumlah warga binaan yang takut dengan jarum suntik, sehingga harus ada warga binaan lainnya yang memegangi agar warga tersebut tetap mendapatkan vaksin.

Artikel Menarik Lainnya :  Alhamdulillah, Produktivitas Kopi Robusta Temanggung Tahun ini Meningkat

“Kami sangat mendukung pelaksanaan vaksin, kami sangat berterima kasih sehingga warga binaan di rutan ini sudah mendapatkan vaksin Covid-19,” kata Kepala Rutan Temanggung Endus. (set)