119 Ribu Pemudik Diperkirakan Masuk ke Kota Magelang

NORMAL. Kondisi Terminal A Tidar Kota Magelang masih terbilang normal, pada Jumat (22/4).(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
NORMAL. Kondisi Terminal A Tidar Kota Magelang masih terbilang normal, pada Jumat (22/4).(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang memprediksi, daerah ini akan mengalami puncak jumlah pemudik pada Lebaran 1443 H tahun 2022. Setidaknya, diperkirakan bahwa 119 ribu orang akan masuk ke Kota Magelang.

Kepala Dishub Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Ady mengatakan, prediksi tersebut sesuai dengan kajian pusat bahwa akan ada 0,51 persen pemudik dari 85 juta pemudik tingkat nasional akan melewati Kota Magelang.

”Kemungkinan arus mudik tahun ini adalah yang terbanyak, karena selama dua tahun memang tidak diperbolehkan mudik. Sekitar 0,51 persennya datang ke Kota Magelang,” kata Chandra saat ditemui wartawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Alun-alun, Jumat (22/4).

Dia menjelaskan, ratusan ribu pemudik ini akan menggunakan moda transportasi darat, seperti angkutan umum bus, kendaraan pribadi roda empat, maupun sepeda motor.

”Yang terbanyak kemungkinan menggunakan kendaraan pribadi, mobil dan sepeda motor. Prediksi kami H-3 Lebaran adalah puncak arus mudik,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan pantauan arus mudik, pihaknya bekerja sama dengan unsur kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan guna mengaktifkan pos pengamanan (pospam) mulai 25 April 2022. Pospam tersebut ditempatkan di Terminal Tidar, Jalan Soekarno-Hatta, Simpang Trio, Alun-alun, dan Jalan Jenderal Sudirman.

“Kita sediakan lima titik pospam. Khusus tahun ini memang kami tidak menyediakan mudik gratis. Akan tetapi disediakan 30 armada bus dari Kota Magelang dan 30 kendaraan dari Pemprov Jawa Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, hingga Jumat (22/4) pantauan di Terminal Tidar Kota Magelang masih tergolong sepi penumpang. Diperkirakan, kenaikan penumpang baru akan terjadi pada Minggu (24/4).

”Penumpang sejauh ini masih normal. Kemungkinan akhir pekan nanti baru kelihatan ramai. Kenaikan belum terlihat, hanya ada sekitar 780 penumpang per hari. Kemungkinan pada puncak arus mudik nanti ada kenaikan 16 persen atau 910 penumpang di terminal setiap harinya,” imbuh Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tidar Kota Magelang, Joko Purnomo. (wid)