10 Mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji Dapat Beasiswa dari PT PAS

TANDA TANGAN. Mahasiswa baru Polsa penerima beasiswa melakukan penandatanganan persetujuan di ruang pertemuan Polsa, kemarin.(Foto: eko sutopo)
TANDA TANGAN. Mahasiswa baru Polsa penerima beasiswa melakukan penandatanganan persetujuan di ruang pertemuan Polsa, kemarin.(Foto: eko sutopo)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebanyak 10 mahasiswa baru Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kabupaten Purworejo tahun ini mendapatkan beasiswa dari PT Panca Anugrah Sakti (PAS). Beasiswa tersebut diberikan dari mulai mahasiswa masuk kuliah di Polsa hingga wisuda.

Acara pemberian beasiswa secara simbolis digelar di kampus Polsa, Kecamatan Kutoarjo, Senin (23/5)

Direktur PT PAS, Firman Bachtiar menywbut bahwa pada kesempatan kali ini pihaknya menyerahkan beasiswa untuk mahasiswa baru di Politeknik Sawunggalih Aji.

“Ada 10 beasiswa yang sudah kita siapkan. Beasiswa kami ini dari mulai masuk hingga wisuda, untuk kriteria penerima beasiswa kita serahkan seluruhnya kepada Polsa,” sebutnya usai acara penyerahan beasiswa secara simbolis.

Diungkapkan, perusahaannya dengan Polsa sudah sejak lama telah menjalin kerja sama. Diharapkan para penerima beasiswa dapat lebih serius kuliah dan lulus tepat waktu, sehingga nanti saat selesai kuliah mampu langsung terjun ke dunia kerja.

“Mulai tahun 2006 hingga sekarang, harapannya kerja sama ini bisa terus berlanjut,” ungkapnya.

Direktur Polsa, Danis Imam Bachtiar mengatakan, pihaknya senantiasa selalu mengupayakan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat ke perguruan tinggi. Salah satunya adalah memberikan program beasiswa dengan menggandeng beberapa pihak. Termasuk dengan program beasiswa yang diberikan PT PAS kepada mahasiswa Polsa.

“Untuk kerja sama dengan PT PAS, jadi banyak alumni yang sudah diambil ke Jakarta, Tangerang, Banten itu melalui PT PAS. Beasiswa ini juga merupakan angin segar bagi lulusan SMA untuk meneruskan ke perguruan tinggi,” terangnya.

Dari kuota 10 beasiswa yang diberikan PT PAS, lanjutnya, saat ini sudah terisi 4 kuota mahasiswa yang berhak menerima. Lalu 6 kuota sisanya akan dipenuhi setelah Polsa melakukan penyaringan terhadap mahasiswa baru yang masuk.

“Karena ini juga belum pengumuman kelulusan, jadi pendaftar juga belum menyentuh ratusan, tapi biasanya di bulan Juli mulai banyak yang mendaftar. Untuk kriteria bagi mahasiswa yang bisa mendapat beasiswa bisa dari jalur prestasi atau kemampuan ekonomi. Selain dari PT PAS ada juga beasiswa dari pemerintah setiap tahunnya, dari yayasan juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru,” jelasnya.

Pada saat ini, tambahnya, total mahasiswa yang ada di Polsa sekitar 500-an. Untuk mahasiswa setiap kelas juga dibatasi hanya 25-30 mahasiswa untuk memudahkan dalam menjalani praktikum.

“Jadi kami menyiapkan SDM yang siap kerja nanti setelah lulus. Saat ini kita ada jurusan D3 Teknik Informatika, D3 Akutansi, D3 Administrasi Bisnis, dan tahun ini kita ada jurusan baru D4 Rekayasa Perangkat Lunak. Lalu kita juga masih ada juga jurusan yang masih dalam proses, yaitu D4 Bisnis Digital,” sebutnya.

Shevado Marhusoni (20) mahasiswa baru Polsa yang mendapatkan beasiswa hingga lulus kuliah dari PT PAS, didampingi orang tuanya Yosaphat Samar (58) mengucapkan terimakasih atas beasiswa yang telah diberikan.

“Merasa bersyukur dan berterima kasih karena telah diberi beasiswa untuk kuliah, disini saya memilih jurusan D4 Rekayasa Perangkat Lunak sesuai dengan ilmu yang saya sukai. Saya lulusan dari SMA 1 Purworejo,” kata warga Kelurahan Baledono itu.

Dengan adanya beasiswa ini, Shevado berkomitmen untuk menjalani perkuliahan dengan baik hingga akhirnya nanti dirinya lulus.

“Berharap bisa menyelesaikan program studi ini dengan lancar dan baik, dan juga bisa membahagiakan orang yang saya sayangi,” tandasnya. (top)