Sulit Cari Darah AB

    0
    46
    Sulit Cari Darah AB
    DONOR. Stok darah di PMI Wonosobo sangat bergantung dari para pendonor dan juga menjangkau desa-desa setiap 3 bulan sekali. Foto dokumentasi

     Tampung 8.500 Kantong Setahun

    WONOSOBO – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonosobo tercatat lampaui target. Hal itu didasarkan dari pantauan dalam satu tahun terakhir, PMI berhasil menampung 8.500 kantong darah. Hal tersebut disampaikan Ketua Markas PMI Wonosobo, Faisal saat ditemui di kantornya, Kamis  (11/4).

    “Kesadaran masyarakat Wonosobo dalam melakukan donor kini sudah tinggi, namun untuk mendapatkan darah bergolongan AB masih sangat sulit,” tuturnya.

    Dijelaskan Faisal, sesuai dengan salah satu tugas PMI adalah menyediakan darah untuk kebutuhan masyarakat sesuai di  dalam peraturan yang ada.  Menurutnya, kesadaran masyarakat Wonosobo dalam melakukan donor kini terbilangsudah tinggi. Namun memang untuk mendapatkan darah bergolongan AB masih sangat sulit.

    “Terlihat dari sebanyak 8.500 kantong,  hanya beberapa yang bergolongan AB, kebanyakan bergolongan A,  B,  dan O,” imbuhnya.

    Lebih lanjut Faisal menyebut,  stok darah di bulan April ini bisa terpenuhi dari para pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya di PMI. Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan jemput bola ke desa-desa se-Wonosobo setiap 3 bulan sekali. Hal itu disebut Faisal agar stok darah di Kabupaten Wonosobo dapat terus tercukupi.

    “Kami berharap,  stok darah di Kabupaten Wonosobo dapat terus terpenuhi hingga akhir tahun 2019 ini,” pungkasnya. (win)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here