Warga Serbu Penukaran Gas di Magelang Fair

0
55
Warga Serbu Penukaran Gas di Magelang Fair
BRIGHT GAS. Pertamina hanya menyediakan 250 tabung gas 5,5 kilogram untuk ditukar dengan gas subsidi 3 kilogram dengan biaya murah di dalam acara Magelang Fair, di Alun-alun, kemarin.

//Tabung 3 Kg Ditukar 5,5 Kg//

MAGELANG TENGAH – Dari puluhan stand Magelang Fair 2019 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Magelang, yang paling menarik adalah stand Pertamina. Betapa tidak, karena sedari pagi, stand tersebut selalu dihadiri ratusan pengunjung untuk menukarkan tabung gas 3 kilogram dengan tabung bright gas kemasan 5,5 kilogram.

Sayangnya, antuiasme masyarakat ini hanya dapat dirasakan pada pelaksanaan awal Magelang Fair saja. Pasalnya, Pertamina hanya menyediakan sekitar 250 tabung saja.

Sales Executive (SE) LPG Kedu di PT Pertamina (Persero), Dhimas Aji Kharisma Cakra mengatakan, program trade in atau tukar tambah ini terbatas selama pelaksanaan Magelang Fair 2019, 29 April sampai dengan Jumat (3/5). Pihaknya memangkas ongkos penukaran hingga Rp50 ribu. ”Biasanya, masyarakat harus menukar dua tabung elpiji 3 kilogram dan mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp65.000 untuk bisa memiliki satu tabung gas elpiji berwarna pink ini,” kata Dhimas, kemarin.

Namun lewat stand di Magelang Fair, lanjut Dhimas, masyarakat bisa menukar dua tabung gas 3 kilogram dan menambah biaya sebesar Rp15 ribu saja. Syaratnya, warga harus menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu, Marketing Branch Manager Pertamina Jogjakarta dan Surakarta MOR IV, Teuku Johan Miftah menambahkan, minat masyarakat menggunakan bright gas tak lain karena keunggulannya. Menurut dia, paling utama adalah teknologi valve ganda atau double spindle valve system (DSVS) yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih.

”Teknologi ini dua kali lebih aman dibanding tabung LPG biasa. Bright gas juga sudah dilengkapi dengan segel hologram, sehingga isinya lebih terjamin dan konsumen bisa langsung mengetahui apakah tabung bright gas itu asli atau tidak,” paparnya.

Ia berharap, program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kemudian melalui sosialisasi ini, diharapkan pula bagi masyarakat yang ekonominya sudah mampu dan masih menggunakan LPG bersubsidi bisa beralih ke bright gas 5,5 kilogram.

”Tujuannya agar gas subsidi 3 kilogram dapat mencukupi kebutuhan masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan subsidi,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Arijanah (53) merasakan manfaat yang begitu besar dari Magelang Fair ini. Terutama soal penukaran tabung gas.

”Sebetulnya sudah lama ingin menggunakan bright gas tapi biaya tambahan penukaran berat. Nah, mumpung lagi murah, saya ikut menukarkan dua tabung LPG 3 kilogram,” ucapnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here