Siswa SMP N 3 Magelang Pamerkan 1.190 Lukisan

0
162
Siswa SMP N 3 Magelang Pamerkan 1.190 Lukisan
PAMERKAN. Hasil karya aksi one stroke painting dari 10 siswa kelas IX sangat diapresiasi Kadisdikbud Kota Magelang Taufiq Nurbakin, Sabtu (2/3).

MAGELANG UTARA-Kurang lebih 1.190 lukisan karya anak kelas 9 SMP N 3 Magelang dipamerkan dalam acara Pameran dan Pagelaran Seni Rupa dan Pentas Seni Spanaga yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (2-3/3). Selain memamerkan karya anak dan pentas seni ini juga dimeriahkan oleh lomba lukis tingkat SD dan aksi one stroke painting (melukis dalam singkat ), kemudian dilanjutkan dengan try out SD

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Taufiq Nurbakin saat membuka acara menggungkapkan kebanggaannya dengan bakat melukis yang menghasilkan karya luar biasa yang dapat dipamerkan oleh masyarakat umum. “Kami menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya pameran dan pagelaran seni SMP N 3, yang sebenarnya merupakan tugas akhir mapel seni prakarya siswa kelas IX,”ungkapnya.

Ditambahkannya, acara ini menjadi luar biasa setelah dikemas kegiatan pameran dan pagelaran seni di ruang terbuka, diramaikan dengan kegiatan try out bagi kelas 5 dan 6, SD/MI, sehingga dapat melibatkan dan menghadirkan masyarakat umum.”Harapanya acara ini menjadi ajang mnumpahkan ,menyalurkan dan mngeksplor kreatifitas siswa sekligus menjadi hiburan dan melepaskan kepenatan siswa menjelang pelaksanaan UNBK. Selain itu kita harapkan dapat menginspirasi sekolah lainnya untuk menampilkan kegiatan-kegiatan kreatif lainya,” imbuhnya.

Kepala SMP N 3 Magelang, Harjanta SPd MPd mengaku acara memperlihatkan hasil karya seni rupa dan kriya kelas IX bukan pertama kalinya digelar, namun kali ini digelar dengan membuat kegiatan yang besar sekaligus mengundang wali murid. “Tahun-tahun kemarin pameran seni rupa hanya interen sekolah saja, namun untuk tahun ini kami mempersilahkan masyarat umum untuk ikut melihat karya anak ini,” ujarnya.

Acara pameran seni rupa dan pagelaran seni ini adalah memperlihatkan bakat dan hasil karya anak IX selama 3 tahun mereka menuntut ilmu di SMP N 3 Magelang. Untuk itu pihak orang tua di undang untuk melihat hasil karya anak-anak mereka. “Kegiatan ini untuk mengekspor ekspresi diri anak-anak, selain itu juga untuk refresing anak-anak yang akan menghadapi ujian dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Ketua panitia kegiatan Yuniar Sofiana yang juga guru seni rupa menjelaskan jika dari semua anak kelas IX menampilkan karyanya selama belajar seni rupa selama ini. Masing-masing anak menampilkan 3 karyanya. “Ini adalah acara khusus untuk memamerkan karya anak kelas IX karena mereka akan lulus nantinya sehingga menjadi kenangan. Jumlah siswa kelas IX ada 238 dari 8 kelas sehingga jumlah karya ada 1190 karya,” terangnya.

Yuniar mengaku selain dirinya yang mendampingi anak juga ada guru sama guru prakarya Endang Rusdiyanto membantu siswa anak dalam menghasilkan hasil karya. Selain menampilkan karya yang sudah jadi 10 siswa kelas IX juga menampilkan aksi one stroke painting saat pembukaan acara. One stroke painting yaitu melukis dalam waktu 30 menit. Aksi melukis ini dilakukan di depan Kadinas dan para orang tua. “Memperlihatkan kepada publik bahwa siswa siswi Spenaga (SMP N 3 Magelang) mampu melukis one stroke painting yang belum pernah diajarkan di SMP N Kota Magelang,” ujarnya.

Salah satu siswa yang melakukan aksi one stroke painting, Fitrotul Hidayah mengungkapkan kebanggaannya dapat membuat sesuatu karya yang luar biasa dan disaksikan banyak orang. “Saya belajar melukis di sekolah, sebenarnya bakat dari keluarga ada tapi saya waktu SD tidak pernah ikut lomba-lomba tertariknya di sekolah. Setelah dapat pelajaran melukis ini saya di rumah juga memanfaatkan waktu luang untuk melukis, senang sekali soalnya,” kata salah satu siswa kelas IX H SMP N 3 Magelang ini.(hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here