Simulasi Pengamanan Pilpres Semakin Gencar

0
16
Simulasi Pengamanan Pilpres Semakin Gencar
SIMULASI. Anggota Kodim, Polres dan Komisioner KPU serta Ketua Bawaslu Temanggung melakukan simulasi di kantor KPU Temanggung, kemarin.

TEMANGGUNG – Meski masih sekitar dua bulan mendatang, namun simulasi pengamanan terhadap pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif gencar dilakukan.

Simulasi kali ini digawangi oleh Komando Distrik Militer 0706/Temanggung, dengan melibatkan langsung Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kepolisian Resor (Polres) Temanggung.

“Simulasi langsung kami lakukan di kantor Bawaslu dan KPU Temanggung, dengan melibatkan langsung semua stakeholder penyelengara pemilu dan aparat keamanan,” kata dan Kapten Kav Nuryanto Pasi Ops Kodim 0706/Temanggung, Sabtu (10/2).

Menurutnya, simulasi penanganan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pemilu memang harus dilakukan. Dengan harapan ke depan ketika ada permasalahan saat pelaksanaan pemilu maka bisa diselesaikan dengan kepala dingin sesuai aturan yang berlaku.

“Simulasi kami lakukan bertahap, hingga menjelang pelaksanaan pemilu mendatang. Harapan kami selama pelaksanaannya nanti tidak akan timbul satu masalahpun,” harapnya.

Nuryanto mengatakan, kegiatan simulasi ini merupakan wujud kesiapan Kodim 0706/Temanggung bersama Polres Temanggung dalam mengamankan pemilu tahun 2019.

“Sinergitas antara jajaran pengamanan dan jajaran penyelenggara pemilu harus semakin dikuatkan,” tukasnya.

Latihan Simulasi pengamanan pemilu ini dihadiri oleh Khadiq Widianto, SOr (anggota merangkap divisi teknis), Henry Sofyan Rois (anggota merangkap divisi sosialisasi), Adib Masykuri, SAg, MPd (anggota merangkap divisi hukum), Masithoh Dian Setyatuhu ST (anggota merangkap divisi mutarlih), Ibu Erwin Ketua Bawaslu Temanggung, Kapten Inf Budi Setiawan Danramil 01/Temanggung.

Dalam simulasi ini ditampilkan sinergitas antara Polri, TNI dalam pengamanan rangkaian kegiatan pemilu, mulai masa kampanye hingga masa pemungutan suara, dari aman kondusif hingga terjadi konflik sosial.

Ia menambahkan, latihan ini agar terwujudnya kesiap siagaan prajurit Kodim 0706/Temanggung dalam rangka membantu pengamanan pileg dan pilpres di wilayah Kabupaten Temanggung.

“Guna mencegah dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban yang merupakan juga salah satu tugas pokok TNI-AD membantu kepolisian dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif serta memberi penekanan kepada anggotanya supaya netral dalam pemilu,” ungkapnya.

Khadiq Widianto SOr Anggota Komosioner KPU merangkap Devisi Teknis mengatakan, pesta demokrasi pileg dan pilpres ini berjalan aman sejuk dan  kondusif. Kontestasi ini harus dalam suasana kegembiraan, 5 tahun sekali warga menyampaikan aspirasi memilih wakilnya.

“Sebagai penanggungjawab keamanan di wilyah Kabupaten Temanggung adalah dari Polres Temanggung didukung TNI Kodim 0706/Temanggung bersinergi untuk melakukan langkah-langkah pengamanan manakala ada situasi yang meningkat mengarah pada kerusuhan masa maupun pelanggaran pidana,” katanya. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here