Rakit 21.688 Kotak Suara, Bedayakan Warga

0
72
Rakit 21.688 Kotak Suara, Bedayakan Warga
PERAKITAN. Pekerja harian lepas sedang melakukan perakitan kotak suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Magelang, Deyangan Mertoyudan Magelang.

MERTOYUDAN — Tahapan logistik pemilu saat ini telah memasuki perakitan kotak suara yang berbahan kardus. Seperti yang terlihat di salah satu gudang logistik KPU Kabupaten Magelang di gedung serba guna kompleks Balai Desa Deyangan Mertoyudan.

Total kotak suara ini sebanyak 21.688 dan perakitan baru dimulai pada Senin 11 Februari 2019, dengan melibatkan warga sekitar gudang logistik KPU.

Salah satu buruh harian perakitan kotak suara, Syafii, warga Deyangan mengatakan, ini kali pertamanya merakit kotak suara, dimana sebelumnya hanya dilibatkan melipat surat suara.

“Biasanya KPU memberdayakan warga sekitar untuk ikut melipat surat suara. Saya sudah tiga kali pemilu menjadi tenaga harian. Kali ini bersama 10 warga merakit kotak suara. Satu kotak suara dirakit memerlukan waktu lebih kurang dua menitan,” ucap Syafii.

Petugas harian melakukan perakitan dimulai pukul 08.00-12.00 WIB, kemudian dilanjutkan pukul 13.00-16.00 WIB.

Selain di Deyangan, gudang KPU Kabupaten Magelang juga tersebar di beberapa titik, yaitu di Muntilan Desa Keji, Desa Sedayu, GOR Gemilang. Untuk wilayah Kecamatan Mertoyudan meliputi Desa Donorojo, Pasuruan, Banyurojo dan Mertoyudan.

“Kebetulan untuk Gudang Deyangan masih melakukan perakitan kotak suara.  Sedangkan gudang logistik di GOR Gemilang sudah mulai melakukan pelipatan surat suara. Jadwalnya bisa berbeda, namun harus sudah selesai dalam satu bulan ini,” ungkap tim logistik KPU gudang Deyangan, Ayub Arosyid.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin, mengatakan, proses perakitan kota suara dan pelipatan surat suara dilaksanakan dengan pengamanan petugas Kepolisian.

“Di semua gudang logistik KPU dikawal petugas kepolisian. Jadi keamanan terjamin saat perakitan kotak suara dan pelipatan surat suara,” papar Afiffudin. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here